Ayah Bermain Dengan Anak Perempuannya

Ayah Bermain Dengan Anak Perempuannya  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Ayah yang macho dan aktif, berhadapan dengan si gadis kecil yang senang pakai baju princess warna pink? Tidak masalah! Pada dasarnya, ayah bisa bermain dengan semua anaknya, tanpa memandang jenis kelamin. Hanya saja, saat bermain dengan puteri kecilnya, ayah perlu membedakan perlakuannya sesuai dengan karakter fisik dan kepribadian umum anak perempuan.

Ajak putri kecil Anda beraktivitas ini:
1. Diskusi tokoh idola. Mulai usia 3 tahun, anak perempuan memiliki kemampuan untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan apa yang sedang ia rasakan. Sering terucap, Si Upik bercerita tentang tokoh idolanya, sebut saja Dora atau Sponge Bob.  Nah, ayah, lakukan ini:
  • Ajak anak berdiskusi lebih dalam tentang tokoh idolanya, pasti ia akan bercerita lebih banyak dan seru.
  • Temani anak menonton film yang diperankan oleh tokoh favoritnya. Anak perempuan, yang cenderung lebih mudah untuk bercerita dan mengungkapkan perasaan, senang melakukan aktivitas yang menuntutnya untuk berbagi dengan orang lain.
2. Berenang. Seperti anak laki-laki, anak perempuan juga membutuhkan aktivitas fisik di ruang terbuka. Ayah bisa mengajak si upik berolahraga dengan gerakan yang lembut atau ringan, misalnya berenang. Berenang bersama ayah, umumnya dianggap lebih menyenangkan dibandingkan berenang dengan ibu, sebab:
  • Ayah memberi kebebasan saat berenang misalnya, anak boleh lompat dari pinggir kolam - ditangkap ayah -  anak boleh berenang ke tengah mengenakan pelampung dan anak boleh berenang lebih lama.
  • Anak perempuan sering merasa ayah lebih bisa diandalkan untuk melindungi dan menyelamatkan dirinya dari risiko tenggelam.
3. Jalan-jalan ke taman bunga. Ingin menggabungkan aktivitas outdoor, eksplorasi dan belajar lingkungan  dengan unsur feminitas? Ayah bisa  mengajak anak perempuannya berjalan-jalan ke taman bunga atau kebun sayuran. Anak perempuan memiliki kemampuan lebih untuk menikmati keindahan serta keteraturan di sana. Selain itu, mereka akan memeroleh banyak ilmu manakala ayah  menerangkan nama-nama bunga atau buah, menjelaskan berbagai warna, aroma, rasa, dan proses tumbuh.

Baca:
Bermain Sesuai Gender





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   38198   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24287   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20534   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17665   
>  Balita Hobi Tampil   11078   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak