Bermain Petak Umpet

 

Permainan tradisional ini mengasah ketelitian dan kepekaan anak. Kumpulkan teman-teman balita dan ajak bermain petak umpet.

Persiapan:  3-6 anak, tiang atau dinding, lahan dengan tempat-tempat persembunyian.

Cara bermain:
  1. Gambreng, anak yang kalah menjadi Pencari. Ia menutup mata sambil bersender ke tiang/dinding sebagai “benteng” dan menghitung 1 sampai 10. Anak-anak lain cepat-cepat bersembunyi.
  2. Pada hitungan ke-10, Pencari membuka mata dan mencari teman-temannya. Setiap menemukan persembunyian seorang teman, Pencari meneriakkan nama teman itu lalu lari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata “hong!”
  3. Kalau ada satu anak yang bisa mendahului Pencari untuk menepuk benteng dan berteriak “hong!”, artinya anak-anak menang dan Pencari kalah. Pencari harus menutup mata kembali sambil bersender ke tiang/dinding, dan permainan diulang dari awal.
  4. Kalau tidak anak yang bisa melakukan “hong”, maka Pencari menang. Anak yang ditemukan pertama kali, gantian menjadi Pencari.
Manfaat buat anak: belajar menghitung, melatih motorik kasar, mengasah ketelitian dan kepekaan, melatih kesabaran, belajar mengingat nama, belajar mengikuti aturan.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Balita Aman Bermain Buka Tutup

Buka, tutup, buka, tutup lagi. Kesenangan baru yang dilakukannya berulang kali, terkadang membuatnya terjepit. Tidak perlu langsung melarangnya, namun lakukan pengawasan dan berikan permainan yang ama... read more