Ide Bermain di Pesawat

 

Siapkan permainan ini untuk membantu menghilangkan rasa bosan dan mencegah anak mengamuk saat harus melakukan perjalanan jauh dengan pesawat.  Sehingga pengalaman terbang menjadi menyenangkan.

Menebak bentuk awan. Minta anak melihat ke arah luar lewat kaca jendela, lalu ajak ia menebak bentuk awan. Pancing imajinasinya dengan Anda menebak terlebih dulu. Katakan, “Sayang, awan yang itu  seperti Shaun the Sheep, ya!” Lalu tanya padanya apakah ia punya pendapat lain. Atau biarkan ia menunjuk awan sesuai keinginan, lalu ajak ia menebak bentuknya. Permainan ini akan mengasah  imajinasi, kemampuan bahasa, visual, spasial, mengenal berbagai jenis benda, mengenal bentuk dan meningkatkan daya ingat.

Koreksi lirik lagu. Mengasah kecerdasan musikal, kemampuan verbal, daya ingat, dan logika berpikir anak.
  • Nyanyikan beberapa lagu yang sudah dikenal anak  dengan ekspresi serius.
  • Secara sengaja buatlah beberapa liriknya salah. Hal itu akan memancing si kecil untuk  menatap Anda dengan wajah heran sambil berkata, “Bunda salah...yang benar adalah...”. Setelah itu tertawalah bersama dan  puji  anak  karena ia berhasil mengoreksi kesalahan Anda
  • Nyanyikan lagu tersebut dari awal bersama anak dengan lirik yang tepat.
Menebak angka. Merangsang indera peraba, mengasah imajinasi dan melatih daya ingat.
  • Ambil cotton bud atau serbet kertas basahi salah satu sisinya.
  • Buat angka di telapak tangan anak. Tanya padanya, angka berapa yang baru saja Anda buat. Apakah tadi ia merasa basah atau kering? Lakukan hal yang sama namun kali ini gunakan sisi lain cotton bud atau serbet kertas yang masih kering. Secara bergantian, minta anak untuk melakukan hal yang sama pada telapak tangan Anda, dan mulailah menebak.
Membuat origami. Menstimulasi kemampuan motorik halus, spasial, visual, mengasah imajinasi, daya ingat, berpikir urut serta mengenal berbagai bentuk.
  • Gunakan serbet kertas atau kertas lipat yang Anda bawa.  
  • Tunjukkan pada anak  cara membuat sebuah bentuk sederhana, misalnya bentuk segi tiga.  
  • Tunjukkan cara melipat bentuk yang lebih rumit, seperti pesawat dan kapal. Lakukan langkah-langkahnya secara perlahan agar si kecil dapat mengikuti .   Selanjutnya, biarkan ia melipat sesuai dengan keinginannya.
Melukis di atas kaca. Mengasah kemampuan motorik halus, imajinasi, daya ingat, kemampuan berpikir, dan mengenalkan ilmu pengetahuan secara sederhana.
  • Sediakan cermin kecil yang tak sulit digenggam oleh anak. Kemudian, ajak ia untuk menghembuskan nafas ke arah cermin hingga uap menutupi seluruh permukaannya.
  • Gunakan jari untuk melukis  di permukaan cermin hingga uapnya tersapu.
  • Selanjutnya biarkan anak membuat gambar sesuai  keinginannya. Jangan lupa siapkan jawaban yang sederhana dan mudah dimengerti karena kemungkinan besar anak akan bertanya mengapa permukaan cermin tertutup uap saat ia menghembuskan napas di permukaannya.

 



Artikel Rekomendasi