Anak Perlu Jam Ngemil

 

Makan tiga kali sehari merupakan waktu yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan energi dan kebutuhan zat gizi.  Bagi orang dewasa,  cara makan tersebut sudah cukup,  tak perlu   tambahan makan di antara jam makan. Tapi anak-anak perlu  penambahan frekuensi dengan porsi  kecil, yang disebut jam ngemil. Pilih camilan lezat sesuai dengan  usianya.

Anak perlu ngemil karena:
  • Perut anak  hanya dapat menyimpan makanan,  kira-kira sebesar kepalan tangannya. Itu  sebab ia perlu makan dalam porsi kecil dan sering untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
  • Camilan bisa menjadi cara tepat  mengenalkan beragam jenis makanan  dan mengatasi  anak yang rewel makan.
  • Camilan sehat di antara jam makan dapat menjadi tambahan gizi yang penting untuk pertumbuhannya.
Waktunya:
  • Dua sampai tiga jam sekali, saat umumnya anak akan merasa lapar .Bisa dibagi menjadi tiga,  pukul 9 pagi, 3 sore   dan pukul  8 malam.
  • Sesuaikan dengan kebiasaan anak. Jika ia  bangun terlalu pagi, Anda bisa memberinya camilan  2 kali sebelum makan siang. Namun,  jika ia makan malam terlalu dini,  ia kemungkinan butuh camilan  sebelum tidur.
  • Jam ngemil jangan dilewatkan, misalnya  karena  Anda berharap si kecil dapat menyisakan ruang di perutnya  untuk makan siang atau malan. Sebab anak justru akan kehilangan selera makan karena merasa sangat kelaparan. (me)
Resep camilan sehat untuk anak:
Baca juga:
Tepat Memberi Anak Camilan
Memperkenalkan Finger Food
10 Super Snack

 



Artikel Rekomendasi