Jadi Detektif di Usia 28-29 bulan

 

Batita sekarang amat senang mengamati sesuatu. Bahkan untuk beberapa anak yang sudah bisa berbicara, dia akan mulai bertanya “Apa ini, apa itu ?” Oleh karena itu batita gemar diajak jalan-jalan sambil melihat-lihat benda di sekitarnya.

Bermain

Pada usia ini keinginan untuk bermain harus difasilitas oleh orang tuanya. Karena sambil bermain lah mereka belajar hal-hal baru. Baik itu bermain dengan alat maupun bermain dengan bagian tubuh mereka sendiri misalnya meloncat-loncat, berlari, berguling dan sebagainya. Semua alat ataupun benda bisa dijadikan alat permainan buat batita di usia ini, daya khayal mereka  memang sedang tinggi-tingginya.

Kemampuan Berbicara
Batita 28-29 bulan sudah mulai bisa menyusun kalimat sederhana. Dia mulai menggunakan kata ganti “aku” untuk dirinya. Membaca bareng buku cerita bersama nya bisa menumbuhkan rasa empati, memberitahukannya spek-aspek moralitas seperti kejujuran, keadilan dll.

Keterampilan Makan
Jangan biarkan batita kita terus-terusan disuapi oleh ibu atau pengasuhnya. Biarkan batita kita belajar makan sesuai iramanya sendiri. Saat itulah mereka mulai belajar untuk mengambil makanan dengan sendok atau garpu. Akan timbul juga kecenderungan mengemut pada usia ini, perkecillah porsi makanan nya sehingga lebih mudah dikunyah olehnya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more