Kelainan Kaki Tak Selalu Faktor Genetik

 

Kelainan kaki berbentuk X dan O merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita.Penyebab kelainan ini bukan hanya karena faktor genetik, tapi juga ada sejumlah faktor lain, seperti:
  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jik aberlangsung lama, kebaisaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dna bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duudk dengan posisi kaki membentuk huruf W.
  • Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membetuk susut 90 derajat.
  • Memakaian popok sekali pakai dengan cara dan pada saat yang tidak tepat, misalnya terus-menerus pad asaat balita sedang belajar berjalan. Hal ini membuat anak sulit menemukan posisi kaki yang stabil.
  • Memakaikan baby walker yang tidak sesuai umur dan tidak sesuai ukuran tinggi duduk. Balita yang belum cukup kuat menopang berat tubuhnya akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga otot (muscle imbalance). Penggunaan baby walker memang tidak dianjurkan, karena sering juga menimbulkan kecelakaan pada anak.  

 

 



Artikel Rekomendasi