Menambal Gigi Anak

 

Apakah gigi susu boleh ditambal? Bila ditemukan lubang pada gigi susu, maka gigi itu sebaiknya ditambal. Prosedur penambalan serta jenis bahan yang digunakan untuk menambal gigi anak tergantung dari keadaan giginya.

Untuk lubang yang terlalu besar, penambalan dilakukan langsung dengan bahan yang sewarna dengan gigi. Untuk lubang yang besar dan telah mencapai saraf gigi, serta menyebabkan rasa sakit atau pembengkakan, dokter akan melakukan perawatan saraf gigi dulu sebelum melakukan penambalan.

Selama gigi susu yang berlubang masih dapat ditambal dan diobati, gigi tersebut akan tetap dipertahankan dan tidak dicabut. Sebab, gigi susu pada anak memiliki sejumlah peran penting pada setiap tahapan perkembangannya, seperti kemampuan mengunyah, perkembangan bicara, dan menyediakan ruang untuk pertumbuhan gigi tetap sebagai pengganti kelak.

Bagaimana bila gigi anak goyang? Gigi susu biasanya mulai goyang saat anak berumur sekitar 6 tahun. Ini merupakan proses alami. Gigi anak dapat tanggal dengan sendirinya. Bila terjadi perdarahan, minta anak menggigit gulungan kecil kain kasa steril selama 5 menit. Perdarahan ini seringkali terjadi saat gigi tetap sudah mulai tumbuh, tapi gigi susu belum tanggal. Bila anak mengeluh sakit pada gigi yang goyang sehingga sulit makan, bawa ke dokter gigi ya! (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Menambal Gigi Balita, Perlukah Dibius?

Usia 2 dan 3 tahun merupakan usia rawan gigi susu balita berlubang. Ketika gigi si kecil sudah tumbuh lengkap, tugas Anda sebagai orang tua mengajarkan kebiasaan baik agar gigi si kecil tidak rusak. ... read more

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more