Perbedaan Anatomis Otak Bayi Lelaki dan Perempuan

 

Penelitian di Virgian Polytechnic Institute and state University, AS (2008) terhadap 224 anak perempuan dan 284 anak lelaki usia 2 bulan-16 tahun, mengatakan kemampuan berbahasa dan motorik halus anak perempuan berkembang 6 tahun lebih awal dari area otak anak lelaki. Area di otak yang melibatkan spasial dan menargetkan suatu hal berkembang 4 tahun lebih awal pada anak lelaki dibandingkan otak anak perempuan. Setelah lahir, otak bayi lelaki dan perempuan tetap menunjukkan perbedaan secara anatomi.

Bayi lelaki
  • Saat lahir ukuran otak bayi lelaki rata-rata lebih besar 12%-20% dari otak bayi perempuan.
  • Lingkar kepala bayi lalaki lebih besar 2% daripada bayi perempuan.
  • Bagian sistem lembik yakni kelompok otak yang berkaitan dengan fungsi otonom serta aspek emosi dan perilaku tertentu yang bernama amygdala pada otak anak lelaki juga lebih besar dibanding anak perempuan.
Bayi perempuan
  • Saraf yang terkait dengan emosi pada otak bayi perempuan lebih banyak dibandingkan bayi lelaki. Hal ini membuat kemampuan daya ingat terhadap peristiwa yang sarat dengan muatan emosional lebih kuat pada anak perempuan dibandingkan lelaki,
  • Aliran darah pada otak bayi perempuan sekitar 15% lebih banyak dibandingkan dengan otak bayi lelaki. Saat memproses emosi, pad aotak anak perempuan lebih banyak area fisik otak (cortical area) yang aktif dibandingkan dengan otak anak lelaki.
  • Jalur saraf (corpus callosum) antara belahan otak kanan dan kiri bayi perempuan tehubung lebih awal dan berkembang lebih kuat dibandingkan bayi lelaki sehingga bayi perempuan dapat berbicara dan membaca dengan kedua belahan otaknya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more