Tak Perlu 'Parno' Pada Imunisasi

 

Demam, muncul ruam kemerahan di daerah sekitar suntikan, anak gelisah dan menangis, bahkan sampai kejang, merupakan efek samping yang kadang-kadang dialami anak sehabis diimunisasi. Hal tersebut tentu membuat Anda panik, serba salah, bahkan ikut menangis karena tak tega.

Sikap paranoid, kemudian tidak ingin mengalami hal yang sama untuk kedua kalinya, akhirnya membuat banyak bunda memutuskan untuk mengabaikan imunisasi tambahan yang disarankan oleh dokter anak.

Padahal…
Tidak perlu khawatir. Berbagai kejadian ikutan pasca imunisasi merupakan reaksi wajar tubuh terhadap vaksin yang diberikan ke dalam tubuh. Hampir semua bentuk reaksi tubuh tersebut sudah dapat diperkirakan, dan umumnya akan diinformasikan oleh dokter guna mempersiapkan orangtua untuk menghadapinya. Misalnya dengan menyiapkan obat penurun panas agar jika anak demam pasca imunisasi, dapat segera diberi obat.
 
Manifestasi klinis efek samping imunisasi jauh lebih ringan dibandingkan bila anak terserang penyakit yang hendak ditangkal dengan imunisasi. Efek samping umumnya hanya berupa nyeri pada lokasi suntikan atau demam selama 2-3 hari. Sedangkan bila anak terserang penyakit sebenarnya, dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

 



Artikel Rekomendasi