Balita Belajar Dengan Mengulang

 

Film yang sama ditonton berulang-ulang. Mengulang adalah cara  anak untuk belajar apa saja. Ketika dia menyukai sesuatu, dia akan melakukannya berulang kali. Ini caranya belajar untuk mendapatkan keterampilan, kebiasaan dan pengetahuan secara cepat dan efisien.  

Di usia-usia selanjutnya, kebiasaan untuk mengulang akan dibutuhkan anak saat belajar, karena prinsip dasar belajar adalah mengulang. Seperti  halnya jika anak suka mengulang tontonannya, atau ingin dibacakan buku cerita yang sama setiap hari. Ada beberapa hal yang ingin dipelajari anak lewat tontonannya, sehingga dia ingin mengulang, agar apa yang dia butuhkan bisa masuk dalam ‘kotak’ ingatannya.  

Mengulang penting karena:
  • Mendukung perkembangan otak. Otak anak menyerap banyak informasi. Otak mengenali dan menyimpan informasi itu. Ketika informasi itu datang berulang, ini memberi jejak pada syaraf di otak sehingga anak mudah memroduksi  memori atau mengingat.
  • Dengan mengulang, anak menyukai dan menikmati film.
  • Anak sedang belajar tentang dunia sekitarnya. Banyak kata dan perilaku yang dipelajari anak dengan meniru, termasuk lewat tontonannya. Dengan mengulang tontonannya, akan memudahkan anak mempelajari lingkungannya yang dia peroleh dari film.
  • Dr. Judith A. Hudson, pakar psikologi perkembangan anak dari The State University of New Jersey, New York, Amerika Serikat mengatakan, pengulangan atau repetisi yang suka dilakukan anak-anak usia 2-3 tahun ini  merupakan cara mereka mengantisipasi kejadian selanjutnya.

Baca juga: Balita Mengulang-ulang Film


 



Artikel Rekomendasi