Balita Mogok Sekolah

 

Ada yang berubah dari balita Anda. Tiba-tiba ia malas berangkat “sekolah”. Apa yang terjadi?

Senangnya saat anak ingin sekolah. Anda tenang karena ia beraktivitas di tempat yang tepat. Tapi beberapa hari ini, anak Anda yang kini berusia 2 tahun lebih suka tidur ketimbang bermain di sekolah.

Tanpa beban
. Kebanyakan kelompok bermain membuatkan program singkat untuk anak batita. Setiap program berlangsung tak lebih dari dua jam perhari, dua kali dalam seminggu. Kegitatannya tak jauh beda dengan aktivitas di rumah. Misalnya, belajar melakukan sendiri: cuci tangan, makan, bersosialisasi lewat bermain bersama dan menumbuhkan imajinasi melalui kegiatan mendengarkan cerita.

Kelompok bermain bagi usia 2 tahun tak memberi beban akademik, misalnya memberi PR mewarnai gambar. Kegiatannya disesuaikan dengan tahap perkembangan buah hati Anda. Bagaimana Anda tahu kalau anak kelelahan mengikuti aktivitas di kelompok bermainnya? Berikut tanda-tandanya:
  • Tidak ingin bangun pagi
  • Tidak antusias berangkat ke kelompok bermain
  • Tidak ingin beraktivitas
  • Mudah marah dan rewel
  • Tertidur di kelas dan atau di mobil
Cari penyebab mengapa anak kelelahan. Bisa jadi Anda terlalu ambisius mengikutsertakannya ke kelompok bermain empat kali seminggu. Atau, anak Anda yang menginginkannya. Awalnya ia mampu, ternyata kekuatan fisiknya belum memadai

Fase transisi. Anak usia 2 tahun merupakan transisi dari masa bayi ke masa kanak-kanak awal. Kebiasaan dan pola hidup anak 2 tahun pun pada fase transisi. Di usia ini, umumnya anak masih menggunakan sebagian besar waktunya untuk tidur. Misalnya, tidur jam 10. 00 pagi selama satu jam. Di siang hari, setelah makan siang, ia tidur selama satu jam

Kegiatan terstruktur memang perlu, hanya saja tidak setiap hari. Anak usia ini masih butuh aktivitas bebas. Agar ia tidak mengalami kelelahan teramat sangat, kurangi kegiatannya dengan mengikutkanya pada program dua kali seminggu. Selebihnya biarkan ia bebas beraktivitas di rumah dan mengikuti ritme tubuhnya.

 



Artikel Rekomendasi