Kreasi Balita dengan Lilin

Kreasi Balita dengan Lilin  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Material lilin atau yang juga dikenal dengan malam ini unik. Berwarna-warni serta mudah diubah-ubah bentuknya, membuat anak prasekolah betah bereksplorasi.

Dikenal juga dengan istilah plastisin, di zaman dulu mereknya mungkin cuma satu. Kini ada berbagai jenis plastisin di pasaran. Dari buatan lokal sampai impor.
 
Rasang senso-motorik. Sebenarnya sebelum usia ini, anak sudah bisa diajak berkreasi menggunakan bahan ini. Hanya saja banyak orang tua enggan memberi pada anak yang terlalu kecil, takut dimasukkan ke mulut atau dimakan. Jika Anda memberikannya kepada anak, Anda hanya perlu mengingatkan saja.

Bagi tangan mungil anak, plastisin sangatlah mudah digunakan. Selain mudah dibentuk, plastisin dengan tekstur lembutnya yang khas juga memberi stimulasi tersendiri terhadap saraf-saraf yang banyak menyebar di ujung-ujung jemari. Selain itu, kegiatan memilin, membentuknya menjadi bentuk-bentuk tertentu juga memberikan balita latihan mengendalikan kekuatan jemari. 
 
Yang juga menarik, beberapa orang terapis menggunakan bahan ini untuk tata laksana terhadap masalah temperamen pada anak. Lenturnya bahan ini membuat anak-anak yang bertemperamen keras harus berhati-hati. Mereka harus mengendalikan kekuatan jemari secara pas agar bentuk yang diinginkan bisa didapat. Nah, ketika hendak membelikan plastisin, pilihlah yang memiliki keterangan “non-toxic” (bebas racun). Lalu belilah beragam jenis, yang bisa dicetak, disempit (seperti kue semprit) dan lain-lain.
 
Kembangkan ide. Bagi anak prasekolah, bermain dan belajar menggunakan material yang berbahan dasar lilin ini tentu saja menarik! Di prasekolah plastisin sering dipakai dalam kegiatan mengasah ketrampilan motorik halus dan kreativitas. Maklum di usia ini, anak sedangkan mempersiapkan jemarinya untuk siap menulis ketika memasuki usia sekolah.
 
Dalam hal ini, selain plastisin sendiri, yang dibutuhkan anak adalah petunjuk dari Anda tentang cara menggunakan bahan tersebut untuk mengkreasi beragam bentuk. Selain itu, ajarkan pula cara membersihkan tangan secara benar, setelah berkreasi dengan plastisin. Meskipun plastisin yang Anda sediakan tidak mengandung bahan berbahaya namun kebersihan tangan setelah menggunakannya tetap merupakan hal penting.
 
Gagasan mengkreasi bentuk-bentuk menarik yang bisa dibuat dari plastisin bisa Anda dapat dari berbagai situs, majalah dan buku. Cobalah Anda ajak anak mencarinya bersama, lalu jelajahi “petualangan” mengasah motorik halus menggunakan plastisin. Serunya, bermain dan berkreasi dengan plastisin bisa dijadikan aktivitas bersama keluarga. Ya … si balita dan juga Anda.

 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88570   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29781   
>  Mengasuh Anak Autis   21378   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17836