Menjawab Pertanyaan Spiritual Balita

 




Bulan Ramadhan dan Idul Fitri dapat menjadi momen mengajarkan spiritualitas pada balita. Beri jawaban sederhana namun tepat atas pertanyaannya.

Allah itu seperti apa?
Tinggal di langit, ya?

Jawab: Allah itu seperti matahari. Kita dapat merasakan kehangatan cahayanya. Tapi kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Namun kita dapat melihat dan merasakan hangatnya cahaya matahari di mana pun kita berada.

Kenapa kita harus berpuasa pada bulan Ramadhan?
awab: Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah waktu bagi umat Muslim untuk melatih diri selalu berbuat baik. Dengan puasa, kita juga dapat merasakan bagaimana orang-orang yang harus menahan lapar dan haus karena tidak bisa membeli makan dan minum seperti kita. Karena itu, kita harus bersyukur dengan semua yang sudah diberi Allah pada kita.

Kalau kita makan sambil bersembunyi di siang hari waktu bulan puasa,  Allah tahu tidak?
Jawab: Itu sama dengan kalau kamu disuruh ayah atau bunda melakukan sesuatu, misalnya membereskan mainan. Kalau kamu sayang ayah dan bunda, kamu tentu tidak akan membuat ayah dan bunda kecewa.

Karena itu, kalau disuruh Allah berpuasa, kita semua harus melakukannya karena kita tidak mau mengecewakan Allah. Allah pasti tahu, kalau kita makan sambil sembunyi-sembunyi karena Allah selalu bersama-sama kita.

Kenapa tiap malam di bulan puasa, bunda dan ayah sering pergi ke mesjid untuk sholat bersama-sama?
Jawab: Di bulan Ramadhan, Allah memberi kita kesempatan untuk lebih dekat kepada-Nya sesering mungkin, salh satunya lewat shalat Tarawih di mesjid setiap habis buka puasa. Itu sebabnya, ayah dan bunda, serta semua kaum Muslim datang ke mesjid untuk shalat Tarawih.

Mengapa kita harus membayar zakat?
Jawab: Semua yang kita miliki adalah milik Allah. Allah menitipkan pada kita supaya bisa saling berbagi dengan saudara, teman, dan sesama umat manusia. Jadi, titipan tersebut harus dikembalikan lagi pada Allah berupa zakat pada saudara yang membutuhkan.

Kenapa saat Lebaran orang-orang saling bersalaman minta maaf?
Jawab: Setelah berpuasa selama bulan Ramadhan, Allah janji memberi hadiah berupa menghapus semua dosa dan kesalahan kita. Lebaran adalah hari istimewa bagi kita meminta maaf pada semua orang, termasuk kalau kamu berbuat salah atau menyakiti hati teman, ayah dan bunda. Kalau minta maaf sama Allah pasti akan diampuni.

Tapi kalau kita berbuat salah pada orang lain, kita harus bersalaman untuk mendapat maaf. Dan kita  juga harus mau memaafkan semua orang yang berbuat salah pada kita.

Di mana sih, sebetulnya orang-orang yang sudah meninggal itu, yang kita ziarahi ke makam waktu Lebaran?
Jawab: Orang-orang yang sudah meninggal itu berpindah ke rumah yang jauh lebih bagus dan penuh cahaya yang sangat  indah. Di sana mereka hidup senang dan bahagia bersama Allah, ditemani para malaikat yang baik hati. Nanti, kita semua juga akan berkumpul bersama mereka kalau sudah tiba waktunya.

Untuk apa kita harus selalu berdoa?
Jawab: Kita berdoa untuk mengingat Allah. Kalau kamu sayang ayah dan bunda, kamu pasti akan selalu ingat terus. Ingin selalu bersama sepanjang waktu dan selalu ingin berbicara. B

egitu juga kalau kita sayang Allah, maka kita akan terus mengingat-Nya dan mengajak-Nya bicara tentang semua hal yang kita alami, karena Allah selalu dekat dan bersama kita.

Malaikat itu apa?
Jawab: Allah adalah pencipta alam semesta ini. Untuk mengawasi semuanya, Allah punya banyak “asisten” yang membantunya, itulah Malaikat.  Semua malaikat patuh pada perintah Allah.

Kenapa banyak orang yang memberi aku uang kalau Lebaran?
Jawab: Orang memberi kamu uang karena dia ingin berbagi kebahagiaan. Kamu bisa mengumpulkan uang yang kami terima itu, lalu nanti dibelikan sesuatu yang bisa kamu berikan pada teman-teman di panti asuhan. Misalnya, untuk beli kue kesukaanmu. Dengan begitu kamu juga dapat berbagi sesuatu yang kamu sukai dengan orang lain. (me)

Baca juga:
Mengajarkan Anak Berdoa

 


Topic

#KelolaLebaran



Artikel Rekomendasi