Anak Kelebihan Karoten

 

Tanya: Apakah terlalu banyak mengonsumsi wortel dapat membuat telapak tangan dan kaki bayi menjadi berwarna kuning? Ini dialami bayi perempuan saya (9 bulan).

Jawab: Mengonsumsi wortel, yang mengandung  karoten, secara berlebihan memang dapat menyebabkan telapak tangan dan kaki  berwarna kuning, seperti yang dialami bayi Anda. Ini terjadi  karena karoten menumpuk di dalam darah (karotenemia) dan jaringan kulit, sehingga kulit  terlihat  kuning. Dalam istilah kedokteran keadaan ini disebut sebagai karotenoderma.

Karoten yang diserap oleh usus akan masuk ke dalam darah,  dan dimetabolisma di usus dan hati menjadi vitamin A. Karotenemia maupun karotenoderma tidak berbahaya,  karena tidak menyebabkan kerusakan organ. Warna kuning pada telapak tangan biasanya akan menghilang dengan sendirinya,  setelah beberapa bulan. Lamaya warna kuning tersebut menghilang,  ditentukan oleh tingginya kadar karoten di dalam darah maupun kulit anak.

Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, batasi pemberian buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung karoten, di antaranya pepaya, tomat, mangga, labu kuning, dan jagung kuning, kepada bayi Anda.  

Dr. dr. Hanifah Oswari, SpAK


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more