Gejala Penyakit Campak

Gejala Penyakit Campak  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Apa yang terjadi pada anak saya (4) yang tiba-tiba timbul ruam merah di tubuhnya? Di hari kedua, dia demam (38 derajat C) dan di pangkal lidahnya muncul bintik-bintik putih. Pemeriksaan lendir gusi di lab menunjukkan dia terpapar bakteri batang.

Jawab: Gejala yang dialami anak Ibu merupakan salah satu dari eksantema akut.   Penyakit eksantema adalah penyakit pada anak yang bermanifestasi (berujud) sebagai erupsi lesi pada kulit. Dengan ada demam, batuk pilek, diikuti keluar rash kemerahan pada leher; dan menyebar ke seluruh tubuh, maka gejalanya ke arah campak.

Penyakit campak merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Penyebabnya, virus campak. Penyakit ini bisa jadi berat karena membuat daya tahan tubuh anak turun sehingga mudah terinfeksi bakteri seperti yang terjadi pada anak Ibu.

Jika anak sudah diberi imunisasi campak atau MMR pada usia 15
bulan, dia masih mungkin terkena penyakit campak namun biasanya dengan gejala lebih ringan. Selain itu, mengingat ada kemungkinan kondisi anak disebabkan infeksi kulit yang lain, sebaiknya balita dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA, IBCLC







Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88661   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29854   
>  Mengasuh Anak Autis   21403   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17887