Penyakit Imetigo Pada Anak

 


Tanya:  Bagaimana mencegah agar anak saya (3,5) tidak tertular impetigo yang diderita teman sebayanya di day care? Mohon dijelaskan gejalanya.

Jawab Dokter:
Impetigo adalah salah satu jenis penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Penyakit kulit ini umumnya memang banyak ditemukan pada anak berusia 2-5 tahun dan sangat mudah menular dari satu anak ke anak yang lain. Gejala penyakit impetigo biasanya adalah timbulnya kelainan pada kulit berisi cairan pada permukaan kulit, tidak sakit tapi terasa agak gatal. Biasanya gejala ini muncul di permukaan kulit yang pernah terkelupas atau digigit serangga.

Upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah agar si kecil tidak tertular penyakit infeksi kulit ini antara lain, menjaga kesehatan kulit anak Anda dengan baik, membiasakan anak mencuci tangan, melarang anak bertukar atau memakai pakaian serta handuk dengan anak lain yang menderita impetigo.

dr. Alan R. Tumbelaka, SpAK



 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more