Pola Makan Untuk Balita 1 Tahun

Pola Makan Untuk Balita 1 Tahun Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Bagaimana mengatur jadwal makan dan menu untuk anak usia 1 tahun, berat badan 8,7 kg (berat lahir 3,05 kg) dan baru memiliki 4 gigi seri.
 
Jawab: Pola makan balita sudah dapat mengikuti menu keluarga, yaitu:  
  • Sarapan dengan nasi lengkap. Nasi bisa diganti pasta, kentang, roti dihidangkan bersama lauk dan sayuran. Contohnya, makaroni dimasak dengan susu, telur dan sayuran iris, dimasak jadi bubur makaroni.
  • Makan siang dan makan malam dengan nasi lengkap. Nasi lengkap dapat berupa nasi tim dihidangkan dengan lauk lengkap. Contohnya, ayam giling dengan wortel iris kecil ditambah tempe iris kecil diberi tomat dimasak bumbu semur: bawang putih, sedikit  pala, merica dan kecap. Hal ini sekaligus memperkenalkan aneka bumbu tapi yang tidak tajam rasanya. Bisa juga dengan bumbu lain seperti opor, sop dan soto, dengan isi lauk atau sayuran bervariasi. Atau, bisa juga diambil dari makanan  keluarga, namun bentuk irisan atau potongannya lebih kecil dan ditambah  sayuran iris lalu dimasak bersama kaldu sehingga menjadi nasi tim lengkap gizi.
  • Selingan pukul 10.00 dan 16.00, bisa berupa buah atau kue yang diberikan secara bervariasi.
  • Pemberian susu sebaiknya saat bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam, sehingga tidak mengganggu pemberian makanan dalam sehari.   
Dengan pengaturan pola makan yang benar, kekurangan berat badan anak Anda, yakni sebesar 0,45 kg bisa terkejar. Karena, sesuai ketentuan berat badan anak usia 1 tahun adalah 3 kali berat lahirnya, yaitu  9,15 kg.





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88550   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29762   
>  Mengasuh Anak Autis   21374   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17819