Tanya – Jawab: Balita Sulit Adaptasi

 

T: Balita kami (4 tahun) pindah sekolah sehubungan dengan tugas ayahnya ke luar negeri. Sebulan terakhir ia ikut program nursery (pra-TK). Namun, karena ada  perbaikan fasilitas, sekolahnya pindah ke gedung baru. Kepindahan ini membuat balita kami mogok sekolah lagi. Padahal kelas sudah berjalan 2,5 bulan. Bagaimana agar ia kembali semangat sekolah?

J: Tentu senang melihat balita Anda tumbuh dan berkembang di usia 4 tahun ini. Memang setiap anak berbeda dalam proses adaptasi. Ada yang cepat dan mudah, ada pula yang  lebih lama.

Tak perlu cemas, namun Ibu perlu selalu menjelaskan pada balita Anda bila akan ada suatu perubahan. Ada baiknya dicari penyebab ketakutannya bila ia berada di lingkungan baru di sekolahnya. Jika ketakutannya karena tidak mengenal tempat-tempat tertentu di sekolahnya, ajak balita Anda tur keliling sekolah sambil mengenalkan ruangan-ruangan tersebut agar ia tak takut lagi.

Saat ini, minta juga bantuan guru untuk melakukan pendekatan pada balita Anda, misalnya dengan menelepon dan menceritakan kegiatan di sekolahnya agar ia mau datang ke sekolah. Ibu juga dapat mencoba menceritakan apa yang bisa ia dapatkan bila bersekolah. Selain itu, selama balita Anda tidak sekolah, kegiatannya di rumah sebaiknya dibuat sedemikian rupa agar di pagi hari ia tetap melakukan aktivitas seperti di sekolah.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more