Balita Senang Berteriak

 

Bernyanyi dan bicara dilakukan balita dengan mejerit. Itu karena si 1 tahun sedang giat mengeksplorasi dan bereksperimen dengan berbagai hal, termasuk dengan bunyi-bunyian yang dihasilkan tubuhnya. Selain karena masih kesulitan mengatur volume suaranya, dia juga menikmati reaksi Anda yang panik mendengar jeritannya. Jangan kalah langkah, ini cara menghadapinya.
  • Rendahkan suara-suara di rumah, seperti volume televisi, radio dan intonasi bicara Anda. Karena jika suasana di rumah berisik dan Anda berteriak, anak seperti dapat pengesahan untuk ikut menjert-jerit.
  • Alihkan "bakat"-nya. Ketika jeritan dimulai, nyalakan musik gembira dan ajak anak ikut bernyanyi. Kalau tidak mau, paling tidak dia akan menghentikan jeritan untuk mendengar nyanyian Anda.
  • Bantu anak mengecilkan volume suaranya dengan permainan. Tantang dia untuk bergantian membisikkan kata-kata lucu ke telinga Anda.
  • Pura-puralah tak mendengar ketika ia menjerit. Katakan Anda baru bisa mendnegar kalau dia bicara lebih pelan. Setelah dia memelankan suaranya, berikan respon positif.  (me)
Baca juga:
Melatih balita bicara
Menangani balita tantrum

  

 



Artikel Rekomendasi