Tahun kelahiran: 2005
Semua orang tertarik pada anak bershio Ayam, sebab fisik dan gerak-geriknya menggemaskan. Gaya bicaranya pun memikat! Kelebihan lainnya adalah dikaruniai otak cerdas, sehingga mudah menyerap apa yang diajarkan dan cepat mengerti situasi. Di sekolah, mereka menonjol di kalangan teman sebab cara berpikirnya dalam dan detail. Ketika memilih pakaian dan sepatu, Ayam kecil rewel karena mereka suka tampil gaya dan beda. Mana mau barang standar! Si Ayam ingin barang-barangnya unik dan lucu! 

Tips pengasuhan:
(1) Ajarkan untuk tak selalu menilai orang dari penampilan fisik,  tapi juga dari pemikiran, hati, dan budi yang baik. (2) Ajak lebih sering berdoa dan beribadah, agar instingnya bisa membedakan mana yang baik dan terselubung. (3) Beri aktivitas dan kursus yang mengasah otak, misalnya Kumon, sebab ia menonjol dalam analisa pemikiran. (4) Jangan kabulkan terus permintaannya, ajarkan ia hidup wajar dan sederhana. (5) Ajarkan bahwa ?di atas langit masih ada langit,? agar tidak sombong dan tampil lebih baik lagi.



Tahun kelahiran: 2002, 2014

Seperti kuda yang berlari ke sana dan kemari, begitu juga anak bershio Kuda. Aktif dan tak kenal lelah. Terkadang orang di sekitarnya kewalahan mengurusnya. Tantangan lain, anak ini bila marah sulit ditenangkan. Tapi jangan khawatir, justru musti bangga punya anak bershio Kuda sebab berbakat aktif menjelajah, dan keterampilan mereka di atas rata-rata grafik tumbuh kembang. Karena memiliki semangat juang secara fisik yang tinggi dan berstamina hebat, anak shio Kuda pas diarahkan menjadi atlet atau penari.

Tips pengasuhan:
(1) Jangan terlalu dikekang, apalagi diberi label ?anak bandel? karena ia lasak. (2) Jangan disuruh diam, karena mereka aktif dan butuh bergerak. (3) Pilih aktivitas yang tidak terlalu menuntutnya untuk duduk manis, sebab akan membuatnya bosan. (4) Beri aktivitas outdoor yang seru dan menantang. (5) Siapkan stamina untuk mengimbangi energinya.


Tahun kelahiran: 2003, 2015

Mbeeeeeek ? seperti kambing yang duduk tenang sambil makan rumput, anak bershio Kambing juga tenang, cinta admai, pengalah dan tidak banyak menuntut. Sejak kecil mereka bisa memahami situasi sekitarnya, sehingga tidak memiliki banyak keinginan. Kalau pun ingin sesuatu, jika tidak didapat, mereka tidak marah atau memaksa. Ada kesan anak shio Kambing lamban dan kurang dinamis, pasrah serta tidak berambisi. Namun demikian, pembawaannya yang kalem dan tenang justru membuat orang luluh, sehingga memanjakannya. Anak bershio Kambing memiliki kemampuan berpikir mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang benar dan salah. Mereka berpotensi menjadi penengah di antara teman.

Tips pengasuhan:
(1) Jangan terlalu dimanja, disayang atau dibuat nyaman hidupnya, ia harus diberi tantangan atau paksaan untuk berjuang. (2) Beri ia banyak aktivitas yang berhubungan dengan seni, atau aktivitas yang didukung penampilan seperti modeling atau menjadi presenter. (3) Berikan motivasi lebih, dengan mengajaknya bergerak dinamis. Jangan terbawa sifat anak yang ingin tenang dan tak mau susah. (4) Minta pendapatnya dan ajak anak diskusi, jika ada masalah instingnya akan keluar menjadi juru damai.    


Tahun kelahiran: 2004

Monyet banget! Karena dia aktif bergerak, lincah, dinamis, gesit, tidak bisa duduk manis, banyak akal dan pandai mengambil hati orang. Selain itu, Monyet kecil ini cerdas dan serba bisa. Ia cepat menyerap apa yang diajarkan, karena itu saat belajar kurang sabar dan ingin serba cepat. Kalau bermain, ia cepat bosan dan ingin ganti permainan. Ciri khas lainnya adalah mudah terusik konsentrasinya dan tidak suka merapikan mainan. Jika bersalah, anak bershio Monyet pandai mengemukakan alasan hingga diampuni. Jika ingin sesuatu, ia pandai mengelus hati orang terdekat untuk mendapatkannya. Jangan mudah tertipu oleh gaya bicaranya karena dia jagoan memanipulasi Anda!    

Tips pengasuhan:
(1) Jangan terlalu membatasi dan melarang aktivitas anak. (2) Dukung dan beri motivasi untuk berkespresi lebih serius, tekun dan tidak cepat bosan. (3) Bekali dengan nilai-nilai hidup yang baik agar ia tidak licik pada orang lain. (4) Latih ia agar terbiasa menyelesaikan apa yang dimulainya. (5) Pastikan minatnya sebelum memasukkannya ke suatu kursus, apalagi yang berbiaya mahal.  



Tahun kelahiran: 2006

Tipe sayang bunda dan ayah, sehingga patuh pada keduanya. Tak bisa lepas dari selimut bututnya? Begitulah anak Shio Anjing! Bila sudah sayang sesuatu, ia tidak dapat membuang atau melupakan benda kesayangannya dengan cepat. Sampai-sampai orang di sekitarnya bosan dan kesal. Dia pun tidak mudah berganti suasana atau masuk ke lingkungan baru, apalagi bila kurang nyaman. Sedikit keras kepala, hingga untuk membujuknya harus berulang kali. 

Tips pengasuhan:
(1) Jangan diperlakukan kasar dan keras karena tak efektif. Lebih baik ajak bicara dari hati ke hati. (2) Pelan-pelan dan sabar menggerakkannya pada lingkungan baru, aktivitas baru, begitu pula teman baru. Karena anak shio Anjing perlu juga ganti suasana. (3) Saat ia ambisius ingin meraih sesuatu, redakan. Katakan, tak perlu selalu menjadi nomor satu. Menjadi nomor dua dan tiga pun baik.


Tahun kelahiran: 2007

Anak yang penuh kejutan! Tampaknya dia lambat dalam proses tumbuh kembang bila dibanding anak seusianya. Tetapi tiba-tiba, horeee..., dia berprestasi! Anak bershio Babi menyukai suasana nyaman untuk berekspresi dan menjadi diri sendiri. Sayangnya ia manja, jika sudah merasa nyaman akan minta ini-itu pada orangtua.
Karena rasa nyaman pula, ia terlihat malas dan lelet. Padahal sesungguhnya, ia hanya berhati-hati dalam bergerak. Dalam hidupnya, anak bershio Babi penuh keberutungan. Setiap terbentur masalah atau kendala, pasti ada yang mengulurkan bantuan. Banyak anak cemburu pada Little Miss Piggy ini! Apalagi karena ia mudah menggapai sukses, dan keberuntungannya itu menempel sampai ia dewasa!

Tips pengasuhan:
(1) Jangan terlalu dimanja agar di masa depan anak tegar dan bisa berjuang menghadapi pasang surut kehidupan. (2) Beri ia tantangan dan aktivitas seru. (3) Sabar menghadapi tumbuh kembangnya jangan kaget jika dibandingkan dengan anak seusianya, Babi kecil agak lambat. (4) Redakan kecumburuan saudaranya pada si Babi cilik. (5) Ajak ia berdiskusi dari hati ke hati. Jaga emosi saat berbicara dengannya. (6) Nasehati agar ia tidak selalu mengandalkan keberuntungan tetapi juga mau bekerja keras.


Tahun kelahiran: 2000, 2012

Perhatikan anak bershio Naga di antara teman-temannya! Bak jendral kecil,  dalam aktivitasnya ia selalu ingin mengatur teman-teman.  Anak shio Naga memang berpeluang menjadi pemimpin.  Ia shio paling kharismatik dibanding ke-11 shio lainnya. Ia memiliki kekuatan untuk menarik dan membuatnya orang lain mengikuti kemauannya.  Anak Naga juga cepat menonjol dalam suatu lingkungan, baik lingkungan baru mau pun lama. Agak keras kepala, lincah bergerak dan tidak bisa diam, jika Naga Kecil  sudah punya keinginan atau pendapat, susah ditolak atau dipatahkan. Syukuri Naga Kecil Anda, karena meski pun sedikit keras kepala, peruntungannya dipercaya dapat membawa kestabilan bagi perekonomian rumah tangga, serta membawa perubahan besar dalam keluarga. Ia juga sanggup membuat Anda bangga kelak.

Tip pengasuhan:
(1) Cermati dan kembangkan bakat anak dengan memberinya stimulasi yang cukup. Mendaftarkannya ke pre school atau tempat kursus yang sesuai minatnya, juga baik. (2) Dukungan Anda sangat dibutuhkan Naga kecil yang tahun ini emosional. (3) Ajarkan dia semangat bersaing, kejujuran dan sportifitas atau bisa menerima kalah menang dengan besar hati. (4) Beri ia kebebasan bersyarat untuk berekpresi dan berkreasi,  karena Naga kecil tidak suka dikekang.  Jangan cemas pada gerak-gerik dan kemandiriannya. Dampingi saja dari jauh. (5) Ajarkan kesopanan, sebab kemandirian dan kemampuannya yang menonjol membuatnya berpeluang untuk bersikap kurang sopan atau tidak menghargai orang yang lebih tua.


Tahun kelahiran: 2011

?Kelinciku, kelinciku, kau manis sekali?. Ya, manis dan pemalu, itulah anak shio kelinci.
Sifat ini membuatnya terlihat kurang berambisi dan kurang ekspresif. Kelinci juga kurang suka bergaul dengan lingkungan yang baru. Dia bisa langsung bad mood bila lingkungannya tidak nyaman, atau merasa asing di sana. Sayang, karena sebenarnya anak kelinci memiliki kemampuan dan bakat yang lebih dari teman-temannya.

Tip pengasuhan:
(1) Jangan sampai anak terabaikan karena kesibukan Anda.  Lebih  perhatikan dia dan bicara dari hati ke hati. (2) Tanamkan motivasi padanya untuk bergerak dan menggapai sesuatu yang ia inginkan. (3) Beri aktivitas menantang, misalnya mengikuti lomba atau diminta bernyanyi saat anggota keluarga berkumpul. (4) Jangan selalu menjadi tempatnya ?bersembunyi?. Punggung Anda ibarat ?lubang kelinci? baginya. Untuk mengasah keberanian dan kemandiriannya, sesekali biarkan ia berlibur bersama kerabat.



Tahun kelahiran: 2010

Hauuuum! Anak bershio macan merupakan anak yang pemberani, kharismatik dan dikagumi, bahkan  masih kecil sudah bisa membuat lingkungannya ?tunduk? dan menuruti keinginannya. Bila si macan ingin sesuatu, maka harus terjadi. Bila tak kesampaian, ia akan menangis atau mengamuk!  Ia juga senang pada hal baru yang menantang, bahkan yang berbahaya, seperti berdiri saat mengayuh sepeda atau bergelantungan di mongkey bar paling tinggi!  Kemampuan anak bershio Macan cukup menonjol dibanding teman-temannya. Itu sebabnya di pre school atau day care ia lebih cepat dikenal, jadi juara atau jadi pemimpin! Tegas dan  berpikir lurus, anak macan tidak suka teman yang nakal atau licik.  Di balik sifat galaknya, hatinya lembut dan mudah iba.

Tip pengasuhan
(1) Jangan perlakukan dia dengan keras, karena ia akan ?balik menyerang? alias membantah dan melawan Anda.  (2) Perlu usaha ektra untuk mengerti apa yang dipikirkan dan diinginkan macan tahun ini. (3) Hindari melarang dengan kata ?Jangan?. Gunakan kalimat positif dan alasan logis alasan larangan Anda. (4) Biarkan anak melakukan keinginannya, meski agak berisiko, agar ia bisa belajar dari pengalaman hidup. Minimalkan saja bahaya. (5) Lihat potensinya, masukan dia ke kursus agar terasah dan berprestaasi.


Tahun kelahiran: 2009

Anak shio kerbau memiliki karakter seperti danau, diam tapi menghanyutkan.  ?Maumu apa, sih, Nak?? orangtuanya sering berkata begini, karena keinginan atau jalan pikiran anak  tak mudah ditebak.  Namun, bukan berarti ia tidak mudah diajak bicara, lho.  Aktivitas atau pergerakkan anak shio kerbau biasanya agak lambat dan awalnya tidak menonjol. Sebenarnya ia punya banyak kemampuan, hanya saja ia tidak ekspresif atau gembar-gembor. Anak Shio kerbau juga lebih suka bermain di rumah daripada outdoor. Mudah mengalah terhadap teman atau saudara, ketika agak besar rasa sayangnya pada  orang tua terlihat jelas dari keinginannya merawat Anda, seperti mengambilkan minum ketika Anda sakit.

Tip pengasuhan:
(1) Jangan memandang remeh anak bershio Kerbau. Ia penuh potensi hanya saja tidak sedinamis anak shio lain. Shio kerbau juga bisa diandalkan untuk melakukan hal-hal yang dianggap anak lain berat, misalnya membereskan mainan setiap habis bermain. (2) Lakukan pendekatan dari hati ke hati, untuk membuatnya bicara.  
(3) Tanamkan semangat untuk menyelesaikan tugas atau tantangan permainan.


Tahun kelahiran: 2008

Anak bershio Tikus memiliki karakter aktif bergerak, gesit, dan tidak bisa duduk tenang! Seperti Si Jerry, begitulah anak bershio tikus. Dalam beraktivitas, balita shio tikus cenderung kurang sabar dan ingin serba cepat. Jika mau sesuatu, musti dipenuhi saat itu juga. Ia suka bergaul, tetapi teman-temannya dipilih yang setara atau dari lingkungan yang sama.. Jika punya barang, anak ini sedikit pelit dan tidak mudah berbagi. Dalam merawat barang dan dalam banyak hal dalam hidupnya, ia senang yang serba praktis dan cepat. Tak heran kalau mainannya sering ?asal taruh? dan mudah hilang!

Tip pengasuhan:
(1) Dukung keinginannya untuk berekpresi. Caranya dengan menyalurkan dan menyediakan sarana dan prasarana. (2) Ajarkan ia proses. Jangan penuhi semua keinginannya dengan terlalu mudah, sebab ia musti belajar mendapatkan sesuatu dengan menunggu dan lewat proses. Jadi, jika misalnya ia minta dibelikan drum karena ingin belajar musik, katakan Anda musti menabung dulu dan untuk sementara ia belajar menabuh dari perkakas dapur. Bila minatnya tinggi, pasti ia mau menunggu! (3) Awasi saat main dan ajarkan anak mengatasi konflik. Emosi tinggi membuatnya mudah beradu pendapat atau bertengkar dengan teman.


Tahun kelahiran: 2001, 2013

Tenang, diam, tidak banyak bicara, namun pendendam,  itulah karakter yang melekat pada anak bershio Ular.  Apalagi jika ia disakiti atau dilecehkan!  Hal baiknya, anak shio ular memiliki kemampuan dan keahlian terpendam. Tinggal diasah sedikit, ia bisa melejit. Daya  pikir serta analisanya baik, sehingga ia paling suka diajak berpikir serius dan jauh ke depan. Coba ajak dia bermain imajinatif! Pasti daya khayalnya hebat. Kadang-kadang  anak ular terlihat lebih dewasa daripada usianya. Penampilan luarnya kurang dinamis dan monoton, padahal di dalam kreatif dan unik.  Ular memiliki potensi menjadi orang besar dan berarti bagi masyarakat. Kendalanya, anak ini agak susah bergaul.

Tip pengasuhan:
(1) Cari tahu dan pahami sikap diam dan tenang anak. Jangan sampai ia diam karena sebetulnya malas bicara dengan Anda kecewa terhadap sesuatu.  (2) Komunikasi dengannya sesering mungkin, untuk melatih kemampuan berkomunikasi. Ia perlu ?dipancing? bicara oleh orang-orang di sekitarnya. (3) Ajarkan anak melihat sesuatu dengan logika dan perasaan, tidak melulu perasaan.



Artikel Rekomendasi