Kenalkan Apa Itu Sekolah

 

Bayangkan bila Anda datang ke sebuah pesta, tanpa seorang pun yang Anda kenal. Anda akan merasa terasing, gelisah, dan berujung tidak betah. Begitulah perasaan anak bila tiba-tiba ia masuk prasekolahnya tanpa lebih dulu mengenalnya.

“Kenalkan ia pada ‘bersekolah’ dengan beragam cara,” kata Sarah Connor, guru di Learning Brooke School, di Cranston, Rhode Island, AS. Ini saran Sarah : 
  • Ceritakan tentang apa yang akan ia lihat di kelas dan apa yang terjadi. Misalnya, ceritakan bahwa di sana ada orang dewasa yang dipanggil “Bu Guru” atau “Pak Guru” yang akan membantu menulis, melukis, membaca, bercerita, kepada anak-anak. Di kelas ada  papan tulis, kursi, bangku, mainan,  kertas, krayon dan seterusnya.
  • Bacakan buku cerita yang bertema tentang mulai sekolah preschool. Buku yang paling populer antara lain,  Maisy Goes to Preschool karya Lucy Cousin. Buku ini menceritakan tentang Maisy yang menyenangi rutinitas di preschool. Dia tidak menangis ketika ditinggal orangtuanya. Dia senang mendengarkan cerita dan melukis. Buku lainnya adalah Spot Pergi ke Sekolah, karya Eric Hill. Buku ini  bercerita tentang Spot, yang semula malas-malasan, kemudian  menyenangi sekolah karena di sana bertemu teman baru dan belajar melukis, mengeja, dan mendengarkan cerita bersama.
  • Putarkan film dvd tentang siap masuk sekolah, misalnya “Sesame Street:  Ready for School.”
  • Undang anak tetangga atau anak teman Anda yang sudah duduk di preschool datang ke rumah. Bantu anak untuk menanyakan padanya tentang hal-hal menyenangkan selama berada di sekolah. Anak akan lebih senang mendengarkan teman seusianya  ketimbang orang  dewasa. Apalagi istilah yang mereka gunakan dan alat bermain mereka,  biasanya tidak jauh beda.
  • Manfaatkan kesempatan dari sekolah yang menawarkan kunjungan trial atau preview visit yang membolehkan anak menghabiskan waktu di sekolah, satu atau dua jam, bertemu teman baru dan mungkin sama-sama membangun menara dari lego. (me)
Baca juga:
Aktivitas Siap Sekolah
Balita Siap Masuk Prasekolah
Mengajarkan Balita Calistung

 



Artikel Rekomendasi