Menanggapi Cita-cita Balita

 

Apa pun cita-citanya, arahkan anak pada perilaku baik yang dibutuhkan untuk menjadi sesuatu yang dicita-citakannya. Kenal sifat anak, dan dorong dia untuk terus mengembangkan diri.

Berikut ini kiat menanggapi cita-cita balita:
1. Mau jadi dokter karena dokter itu baik, suka memberi stiker seperti dokter yang biasa memeriksa kesehatannya. Penjelasan Anda: Dokter mengobati orang sakit dan sayang anak-anak. Untuk jadi dokter harus berani bicara dengan orang lain dan selalu siap menolong, tidak boleh malu-malu, tidak sembunyi di belakang bokong bunda. Saat mengajak anak periksa kesehatan rutin atau imunisasi, beri dia kesempatan ngobrol dengan dokter tentang pekerjaan seorang dokter.  

2. Mau jadi polisi, karena polisi berani melawan orang jahat dan polisi lalu lintas bisa menangkap orang yang tidak mau pakai seatbelt. Penjelasan Anda: Polisi itu pemberani dan siap menolong. Tidak takut gelap karena polisi juga harus tugas malam hari. Untuk jadi polisi, anak harus rajin dan disiplin. Ajak anak ke kantor polisi untuk berkenalan dengan polisi dan ngobrol dengan polisi tentang tugasnya.
 
3. Ingin jadi tukang sayur karena uangnya banyak. Anak hanya bisa memahami yang tampak. Saat melihat tukang sayur mengeluarkan uang, anak melihat tumpukan uang, bukan nilai nominalnya. Penjelasan Anda: Menjadi tukang sayur harus kuat dan mau makan sayur supaya bisa berkeliling mengayuh gerobak sayur. Kalau tidak kuat, tidak bisa berjualan dan tidak bisa mendapat uang. Selain itu jadi tukang sayur juga harus bisa membaca dan berhitung agar tidak dibohongi orang. Beri anak motivasi untuk belajar mengendarai sepeda roda tiganya dengan baik, tidak menabrak-nabrak.  

4. Mau jadi seperti ayah karena bawa-bawa kamera untuk memotret. Penjelasan Anda: Pekerjaan ayah adalah fotografer. Untuk menjadi fotografer, anak harus rajin belajar. Di usianya kini, belajar menjadi fotografer bisa dimulai dengan rajin menggambar dan mewarnai gambar.

5. Mau jadi princess karena princess cantik dan bajunya bagus-bagus. Penjelasan Anda: Jadi princess harus sehat, karena anak sehat bisa menjadi cantik. Jadi princess juga harus bisa membuat baju yang bagus. Bacakan kisah-kisah princess dengan perjuangannya mendapatkan kebahagiaan. Ajak juga anak rajin menggambar dan membaca buku untuk mengasah imajinasinya.
 
6. Ingin jadi pak pos karena ke mana-mana naik motor. Balita melihat sosok pak pos yang selalu naik sepeda motor dan mengenakan helm. Di mata anak, penampilannya bisa jadi sangat keren. Penjelasan Anda: Menjadi pak pos harus bisa membaca karena harus mengantar surat yang alamatnya tertulis di amplop. Menjadi pak pos juga harus rajin dan sehat karena tak peduli hujan atau panas, dia harus bekerja mengantar surat.

7. Ingin jadi penari balet, karena penari balet bajunya bagus dan pintar menari. Penjelasan Anda: Menjadi penari balet harus punya kaki yang kuat. Harus kuat berjalan dan tidak minta duduk di stroller saat diajak jalan-jalan. Untuk punya kaki yang kuat, berarti harus sehat. Ajak anak menonton pertunjukan balet dan beri dia motivasi agar mau belajar balet.

8. Ingin jadi Harry Potter karena bisa menyihir. Penjelasan Anda: Jadi penyihir harus rajin belajar, tidak penakut karena sering bertemu orang jahat. Beri anak motivasi untuk jadi pemberani, tidak takut ke kamar mandi sendiri dan tidak berteriak-teriak mencari bunda  saat tiba-tiba lampu padam di malam hari. (me)

 



Artikel Rekomendasi