Rambu Main Video Games

 

Memang hidup di era digital seperti sekarang membuat rasanya tidak mungkin untuk lepas sepenuhnya dari games. Untuk itu, penting bagi Anda  untuk menetapkan rambu-rambu bermain games pada balita,  agar ia bisa bersahabat dengan games, tanpa terkena dampak burukny.
  • Monitor waktu. Di usia balita,  memonitor waktru bermain dapat dilakukan dengan  cara membuat perjanjian dengan anak soal aturan bermain. Misalnya, buat kesepakatan bahwa anak hanya boleh bermain games di akhir pekan  selama satu jam dengan jeda istirahat 15 menit setelah setengah jam bermain.  Atau, bisa juga waktu bermain dibagi dua, masing-masing setengah jam di pagi dan siang hari. Pastikan anak patuh,  kalau perlu pasang pengatur waktu untuk memastikan durasi mainnya. Jangan biarkan anak main games di luar waktunya,  apapun alasannya. 
  • Kontrol akses. Jangan remehkan kemampuan balita mengakses dan menyalakan games-nya sendiri! Satu cara untuk mencegah anak bermain di luar waktu yang disepakati adalah dengan menyimpan permainan tersebut di lemari terkunci, atau menyembunyikan games komputer di dalam folder tanpa shortcut atau ikon pintas di layar utama.  
  • Tawarkan permainan lain. Isi waktu bermain anak dengan permainan seru lainnya,  seperti saat dia belum mengenal video games. Permainan games yang memacu adrenalin, mungkin perlu diganti dengan aktivitas fisik yang memberi sensasi serupa. Perkenalkan anak pada permainan fisik yang membutuhkan ketangkasan, ketelitian, kerja sama. Undang teman-temannya ke rumah untuk bermain bersama agar ia belajar bekerja sama dan bersosialisasi.  Dan, yang tak kalah penting, pastikan anak memiliki mainan lain yang cukup sehingga dia tidak terpaku pada games-nya.
  • Kembangkan minat anak. Perhatikan bidang yang menarik minat anak, dan salurkan. Selain untuk mengasah bakatnya sejak dini, cara ini membuat perhatiannya beralih dari games, ke kegiatan baru. Bila anak suka main sepak bola, Anda bisa membawanya ke klub sepak bola anak. 
  • Aktivitas sekeluarga. Kalau sudah asyik main games, bisa-bisa anak lupa pada orang di sekelilingnya! Cegah hal ini dengan menyediakan waktu untuk berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. Tidak perlu harus sambil bepergian, cukup dengan menghabiskan waktu bersama di rumah sambil main tebak-tebakan, mewarnai, mendongeng atau memasak bersama. (me)
Baca juga:
Cerdas Main Video Game
Tepat Memilih Video game
Jangan Biarkan Balita Kecanduan Games



 



Artikel Rekomendasi