Sebelum Balita Sekolah

 

Sebentar lagi balita bersekolah. Rasanya tentu semangat dan ... panik! Tenang saja, timeline ini bisa jadi panduan Anda untuk menciptakan awal yang baik agar balita siap bersekolah. 

Satu Bulan Sebelum Sekolah 
  • Bermain-main di halaman sekolah. "Menjadi akrab dengan sekolah adalah kunci untuk sukses di hari pertama sekolah. Ajak balita berjalan di sekitar gedung, lebih bagus jika dibolehkan "mengintip" ke dalam. Perhatikan ruang kelas, kamar mandi dan minta anak mencoba bermain. pelan-pelan, jelaskan pada aanak bahwa nanti ia akan ada di sekolah bersama teman-teman dan Anda akan menjemputnya sepulang sekolah.
  • Bermain sekolah-sekolahan. Adakan kelas kecil di rumah dengan beberapa teman sebayanya. Anda bisa bergantian menjadi guru dan siswa. Ini adalah cara bagus untuk berlatih mengangkat tangannya dan duduk berkumpul bersama teman-teman. Jika ini berlangsung mulus dan dia bisa melewati waktu "sekolah" dengan baik, berikan hadiah di akhir minggu seperti membuatkan camilan favorit atau mengajaknya pergi berenang. Detail lengkap cara bermain ada di sini.
  • Perhatikan jadwal tidur siang. Periksa jadwal istirahat yang ditentukan sekolah dan dan berapa lama berlangsung, juga jenis kegiatan yang diberikan guru agar anak tenang dan tidak mengantuk. Jika anak Anda membutuhkan tidur siang setiap hari dan sekolah barunya tidak menjadwalkan tidur siang tidur siang, pertimbangkan lagi untuk membuatnya terbiasa tidak tidur siang atau cari sekolah lain. 
  • Cek Kesehatan. Buat janji untuk bertemu dokter spesialis anak, untuk cek jadwal imunisasi nya. Pastikan daya tahan tubuh anak terjaga, sebelum ia berinteraksi dengan bermacam orang di sekolahnya. Sebelumnya, Anda pun bisa jadi "dokter" dengan memerhatikan hal ini.

 



Artikel Rekomendasi