Tips Memberikan Snack Sehat

Tips Memberikan Snack Sehat  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
“Memberikan buah secara utuh, biasanya cenderung tidak dimakan oleh balita. Untuk itu, perlu diolah menjadi berbagai makanan yang lebih menarik,” ungkap
Annabel Karmel, penulis buku dan ahli makanan anak. Annabel membagi tipsnya, bagaimana memberikan snack atau makanan ringan yang sehat untuk balita.
  • Kue dan karbohidrat. Kue merupakan bagian penting dari makanan balita yang sedang aktif bergerak, sebagai sumber energi. Mereka memiliki perut kecil dan tidak bisa makan cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya dalam sehari. Sehingga sangat penting memasukkan unsur karbohidrat seperti beras, gandum atau roti dalam makanannya. Karbohidarat dapat memenuhi nafsu makan lebih lama dan memberikan sumber energi.
  • Es loli. Di musim panas, membuat es loli buah segar akan menjadi camilan yang sangat menyegarkan. Cukup campurkan buah segar dengan jus buah atau yoghurt kemudian masukkan dalam cetakan dan bekukan di lemari es. Menghisap sesuatu yang dingin juga dapat mengurangi sakit gusi. Bisa ditambahkan bubur semangka dan gula sedikit untuk mempermanis es loli jika perlu.
  • Buah. Memberikan buah secara langsung kepada balita, biasanya cenderung tidak dimakan. Untuk itu, perlu diolah menjadi berbagai makanan yang lebih menarik, seperti pie, kebab, puding, dan lainnya. Balita akan lebih suka menyantapnya.
  • Sayuran. Banyak anak-anak yang lebih mudah suka dengan sayuran mentah. Ambil beberapa batang wortel dan mentimun atau irisan paprika, sajikan dengan saus manis lezat. Campur 2 sendok makan yoghurt, mayones, 2 sendok teh saus tomat, setengah sendok teh jus lemon dan beberapa saus worcestershire untuk membuat thousand island dip.
  • Hindari makanan berkalori kosong seperti keripik atau biskuit cokelat, sediakan makanan sehat lainnya. Lebih baik memotong buah dan makanan sehat lainnya saat anak-anak lapar dan tidak sempat menunggu Anda membuatkannya makanan.
  • Sekali-kali biarkan anak-anak meramu makananya sendiri. Mereka suka melakukannya. Tempatkan beberapa bahan makanan seperti selada, irisan ayam panggang, sedikit mayones, dan irisan tomat dalam mangkuk dan biarkan anak mengisi dan melipat sendiri wraps-nya.
  • Trik membuat sandwich untuk balita adalam tidak terlalu banyak roti atau terlalu banyak isinya. Berikut adalah ide isian sandwich  yang baik untuk meratakan roti. Coba campurkan tuna dan sedikit mayones, saus tomat dan irisan daun bawang. Krim keju dan ketimun atau selai kacang dengan pisang tumbuk adalah isi yang populer. Untuk balita, potong sandwich menjadi ukuran satu gigitan anak. Agar lebih menarik, gunakan cetakan potongan yang berbentuk binatang atau bunga.
  • Potongan buah berukuran besar lebih mudah dipegang oleh anak-anak daripada potongan kecil. Seperti saat memotong buah melon atau mangga.
  • Jika balita sedang tumbuh gigi, dia mungkin sedang tidak aktif makan. Masukkan sedikit minyak di sekitar mulut dan dagu bayi untuk mencegah nyeri saat dia mengunyah makanan. Dinginkan dalam lemari es beberapa potongan mentimun untuk didigit sebagai pereda rasa sakit gusi.
  • Anda dapat mengajak balita membuat kue-kue sederhana yang mudah dan sehat. Seperti muffin dan oat cookies. Biarkan dia membantu di dapur, mencampur bahan atau mencetak kue. (parentdish.com)






Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6488   
>  Memahami Perspektif Bayi   1691   
>  Perubahan Dunia Ayah   1046   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak