Ajak Bayi Main Cermin

 

Berbagai permainan cermin ini akan melatih motorik halus dan motorik kasar bayi. Anda juga bisa lebih membangun bonding dengan si bayi. Lakukan dengan gembira!
  1. Tummy fun. Bayi senang melihat bayangannya di cermin. Letakkan dia di depan cermin, saat tummy time. Bayi akan terdorong berlatih mengangkat kepalanya sebagai tahapan persiapan untuk merangkak.  
  2. “Itu kamu, sayang!” Letakkan bayi Anda di atas pangkuan di depan cermin. Tunjukkan kepada bayi bayangannya di cermin. Sentuh bagian-bagian wajahnya sambil menunjukkan kepadanya dan menyebutkan namanya. Misalnya, “Ini hidungmu, sayang…”, “Yang ini telinga!” dan “Yang ini namanya rambut.” Sekali pun bayi Anda belum mengerti istilah yang Anda sebutkan, dia menikmati permainan ini.
  3. Tiru gerakan. Berdiri atau duduk di depan sebuah cermin besar, dan pegang bayi di depan Anda. Lakukan gerakan sederhana, seperti mengangkat salah satu tangan, menggelengkan kepala, atau menyentuh hidung. Katakan kepadanya apa yang sedang Anda lakukan. Bila bayi merespons dengan melakukan suatu gerakan, Anda tiru gerakan tersebut. Dia akan memahami Anda sedang meniru tingkahnya.
  4. Buat suara. Buatlah mimik-mimik lucu, dan berbagai ekspresi wajah di depan cermin untuk ditiru anak. Gerakkan lidah Anda ke atas, ke bawah, dan ke kanan ke kiri sambil mengeluarkan suara, misalnya “lalala.” Lakukan permainan menggunakan bibir, seperti mencium dan tersenyum, dan buatlah suara-suara dengan beragam bentuk bibir. Contohnya, “aaa”, “ooo”, “eee”, “uuu.” Gantian tirukan mimik wajah dan suara si bayi. (me)
Baca juga:
Bermain Dengan Tangan dan Kaki
5 Kiat Seru Tummy Time
Tiga Permainan Cerdas Bayi
75 Permainan yang Mencerdaskan Bayi & Balita


 



Artikel Rekomendasi

post4

Bermain Boneka Jari

Bayi akan kagum pada boneka mungil yang bergerak di jari ibu. Tak hanya memenuhi rasa penasaran, boneka jari membuat bayi asyik mempelajari bermacam kemampuan. ... read more

post4

Ngobrol Bersama Bayi

Meski anak belum begitu memahami, rangsangan verbal dengan mengajak bayi ngobrol dapat menjadi landasan bagi perkembangan bahasa bayi kelak.... read more