Makan, 30 Menit Saja!

 

Boleh kurang, namun sebaiknya tidak lebih dari 30 menit saat memberi makan pada bayi.

Buat anak cinta makanannya. Penulis buku Feeding Baby Green: The Earth-Friendly Program for Healthy Safe Nutrition, Alan Greene M.D mengatakan, mencintai makanan sangat penting bagi anak. Kecintaan terhadap makanan sangat tergantung pada jenis makanan yang dikenalkan pertama kali. Dengan mencintai makanan, anak akan menikmati makanannya dan mereka tak perlu waktu lama untuk menghabiskannya. Namun mengenalkan makanan padat dan membuat anak menikmati makanannya tak selalu mudah bagi orangtua. Seringkali anak menolak makanan padat dan lebih memilih susu. Bahkan sering dijumpai orangtua butuh waktu lebih dari 1 jam untuk menyelesaikan proses pemberian makanan padat dalam satu kali pemberian makan

Waktu makan cukup 30 menit saja. Biarkan anak menghabiskan makanan yang ada di hadapannya namun singkirkan makanan jika ia kehilangan selera dan jangan paksa ia untuk makan. Jika dalam jangka waktu 30 menit anak tak juga makan, maka singkirkan makanannya. Anda bisa menawarkan kembali makanan jenis lain satu atau dua jam kemudian.

Penting, 1 tahun pertama! Saat memulai mengenalkan makanan padat, merupakan saat yang tepat untuk bayi mengembangkan kebiasaan makan yang baik, mengenal aneka ragam jenis dan rasa makanan dan membangun perilaku sehat terhadap makanan. Alan mengatakan sebagian besar rasa yang ada dalam memori seseorang didapat pada awal kehidupan mereka, yaitu ragam jenis makanan yang dikenalnya sampai ia berusia 1 tahun.



 



Artikel Rekomendasi