Panca Indera Bayi 0-3 Bulan

 

Perkembangan panca indera berbeda di setiap tahapan usia. Ini yang terjadi pada panca indera bayi 0-3 bulan.

Penglihatan: bayi baru lahir umumnya dapat menggerakan kepalanya ke kanan dan kiri, namun proses penglihatannya masih terbatas. Jarak pandangnya baru mencapai 30cm, dan ini merupakan jarak yang sesuai baginya untuk mengenali wajah Anda saat menyusuinya. Kemampuannya akan bertambah di usia 6 minggu, dia dapat melihat obyek benda yang dipindahkan dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya.

Pendengaran: sejak dilahirkan, bayi sering terlihat kaget bila ada suara bernada tinggi atau keras disekitarnya. Tetapi dia belum mampu fokus terhadap asal sumber suara.  Pada usia 2 bulan, dia mulai merespon senyum dan suara Anda. Dia juga mulai bisa diajak ngobrol , menirukan suara bayi atau baby talk dapat menstimulasi penglihatan, pendengaran dan verbalnya.

Peraba: Beberapa saat setelah persalinan, indera peraba bayi langsung beradaptasi dengan suhu ruangan, saat itulah dia dihadapkan dengan perasaan dingin untuk pertama kalinya, begitu juga dengan perubahan suhu ketika menyusu di payudara Bunda serta saat mulai mengenakan pakaian. Namun, dia juga bisa merasa tidak nyaman bila pakaian yang membungkusnya terlalu tebal dan tidak menyerap keringatnya. Di samping itu, sentuhan sangat penting untuk bayi, melalui sentuhan dia akan belajar banyak tentang lingkungan barunya. Bayi tahu bahwa dia dicintai dan diperhatikan ketika mereka dipegang, dipeluk dan dicium.

Pengecap dan Penciuman: kedua  indera ini memiliki kaitan yang erat. Bayi baru lahir akan memilih ke arah bau yang disukainya dan berpaling dari bau yang tidak dia suka. Dia juga mulai belajar mengenal rasa manis pada ASI. (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Perkembangan Penglihatan Bayi

Seorang bayi belum langsung dapat melihat dengan sempurna saat ia lahir. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasik... read more