Pola Makan Bayi Usia 9 – 12 bulan

Pola Makan Bayi Usia 9 – 12 bulan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Bayi usia 9 – 12 bulan sudah mulai mengalami kemajuan dalam perkembangan makan. Meskipun demikian orang tua harus memberi perhatian pada komposisi makanan. Agar bayi memperoleh gizi yang cukup: tidak kurang atau berlebih.

Makanan penunjang ASI (MPASI) seperti apa yang bisa kita berikan untuk bayi yang mulai memasuki 9 bulan? Pada saat itu Anda mulai bisa mengenalkan makanan dengan tekstur yang lebih kental dan kasar seperti nasi tim. Gunanya agar bayi  berlatih mengunyah ketika  gigi susunya mulai tumbuh.

Orang tua juga harus memberikan berbagai variasi makanan yang lengkap dan seimbang gizinya untuk menunjang proses tumbuh kembang bayi. Selain itu juga untuk memperkuat daya tahan tubuhnya dari berbagai serangan penyakit.


Hati-hati pada kelebihan atau kekurangan zat gizi tertentu karena kelebihan atau kekurangan zat gizi ini bisa berpengaruh terhadap perrtumbuhan bayi. Misalnya, kelebihan lemak pada bayi akan menyebabkan obesitas yang bisa memicu penyakit yang berbahaya di kemudian hari. Dan, seterusnya. Berikut adalah sebuah contoh pola pemberian makan untuk bayi usia 9 – 12 bulan:

WaktuMakanan/Minuman
05.00ASI
07.00Bubur Susu
09.00Nasi Tim
10.00ASI
12.00Nasi Tim
14.00ASI
16.00Buah
17.00Nasi Tim
19.00ASI
Tengah MalamASI

Beri perhatian khusus:

  • Hindari kacang, kecuali dalam tekstur yang halus.
  • Periksa apakah masih ada duri ikan bila hendak memakan daging ikan. Perkenalkan ikan setelah anak berusia 12 bulan.
  • Sedapat mungkin hindari daging yang berlemak dan garam yang dapat memicu terjadinya obesitas, tekanan darah tinggi dan jantung (kecuali daging ayam rendah lemak bertekstur lembut dan daging sapi cincang yang mengandung zat besi).
  • Hindari makanan pedas atau asam karena dapat memicu alergi pada usia ini. Makanan jenis ini bisa diperkenal setelah anak berusia 12 bulan.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6325   
>  Memahami Perspektif Bayi   1606   
>  Perubahan Dunia Ayah   761   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak