Ibu dan Bayi di Minggu Ke-2

 

Saatnya untuk meluangkan waktu dan perhatian untuk diri sendiri. Delegasikan semua urusan rumah tangga agar kelelahan setelah menjalani persalinan tidak berkepanjangan sehingga tubuh Anda dapat pulih kembali. Jangan segan minta tolong pasangan  dan anggota keluarga lain  untuk mengurus rumah tangga  dan bayi. Tunda dulu keinginan para tamu yang ingin datang menjenguk.

Ibu: Selama 2 minggu ini, Anda masih akan mengalami perdarahan akibat kontraksi otot-otot rahim yang sedang dalam proses pemulihan ke bentuk dan ukuran semula. Sempatkan  istirahat dan tidur di antara jadwal menyusui, yakni saat  bayi tidur setelah kenyang minum ASI, untuk memulihkan tenaga Anda. Manfaatkan waktu mengganti popok dan menyusui untuk bermain dan mengenali bayi Anda

Bayi:
  • Bayi akan menghabiskan 15-16 jam sehari untuk tidur. Tubuh bayi butuh tidur panjang untuk tumbuh, berkembang  dan mematangkan seluruh organ tubuhnya agar segera berfungsi sebagai penunjang kehidupan.
  • Bayi hanya terbangun selama 10% dari waktunya dalam sehari, dan diam-diam dia mengamati lingkungan baru di sekitarnya. Bila Anda cermati, dia akan mengamati wajah Anda selama beberapa menit. Dia sedang belajar mengenali, mengingat, dan membiasakan diri dengan suara-suara serta aktivitas orang-orang di sekitarnya. Inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk menjalin ikatan batin (bonding) dengan bayi Anda.
  • Bila Anda membaringkannya dalam posisi telungkup, dia akan berlatih mengangkat kepalanya selama beberapa detik. Sebaiknya bayi tidur terlentang selama lehernya belum kuat untuk mencegah tertutupnya hidung saat telungkup.
  • “Pup” bayi akan lebih cair, mengandung kotoran berbentuk butiran partikel, dan berwarna kekuningan. Penampilan “pup” bayi Anda dapat menjadi salah satu tanda untuk memantau kesehatan sistem pencernaannya. Pada minggu ini, bayi rentan terkena ganguan pencernaan khas bayi baru, yaitu kolik.
  • Kulit bayi akan cenderung mengering karena lapisan lemak vernix caseosa yang menjaga kelembabannya selama di dalam rahim akan mengelupas pada akhir minggu pertama. Namun, pada akhir minggu ke-2 biasanya kulit bayi sudah mampu beradaptasi dan tidak kering lagi. (me)
Baca juga:
Ibu dan Bayi di 6 Minggu Pertama

 



Artikel Rekomendasi

post4

Cara Tepat Bergawai pada Anak

Data riset brand smartphone Huawei tahun ini, 87% orang tua Indonesia memberi gawai ke anak. Dan anak-anak usia 5 hingga 8 tahun di negeri ini, sudah memakai gawai. ... read more