Ibu dan Bayi di Minggu ke-4

 

Ini saatnya Anda mulai  membawa bayi Anda jalan-jalan ke luar rumah, misalnya untuk menjemurnya di bawah matahari pagi antara pukul 7-8. Anda juga dapat membawanya ke dokter anak untuk melakukan pemeriksaan rutin dan memantau proses tumbuh-kembang yang telah dicapainya, serta memenuhi pemberian vaksin wajib sesuai jadwal.

Ibu: Anda sudah mulai memahami kebiasaan bayi Anda dalam sehari, sehingga Anda juga mulai dapat menyusun jadwal aktivitas harian Anda. Bila Anda ingin mengajarkan rutinitas kepada bayi, dapat dimulai pada minggu ini. Anda bahkan dapat menambahkan kegiatan membawa bayi Anda mengikuti kelas pijat bayi dalam jadwal rutin mingguan.

Bayi:
  • Umumnya bayi sudah mulai mampu mengangkat kepalanya serta menahannya selama beberapa saat bila dia diletakkan dalam posisi telungkup. Untuk melatih otot-otot lehernya, biarkan dia beraktivitas dengan posisi telungkup secara rutin setiap hari (tummy time). Anda dapat melatihnya saat dia di tempat tidur.
  • Bayi mulai dapat melihat dengan jelas wajah Anda bila jaraknya tidak lebih dari 20-25 cm, yaitu jarak rata-rata antara kedua matanya dan wajah Anda sewaktu dia mengisap ASI. Dengan melakukan kontak mata selama dia asyik menyusu akan mendorong bayi Anda untuk melatih diri memusatkan  pandangan. Gerakkan wajah Anda ke kanan dan ke kiri. Pandangan mata si kecil biasanya akan mengikuti arah gerakan wajah Anda. Ini baik untuk melatih otot-otot matanya. (me)
Baca juga:
Ibu dan Bayi di 6 Minggu Pertama


 



Artikel Rekomendasi