Ibu dan Bayi di Minggu Pertama

 

Hari-hari Anda  belajar beradaptasi dengan rutinitas baru bersama bayi. Memang tidak mudah dan tak jarang membuat Anda  menangis karena  berbagai perasaan  berkecamuk  saat Anda dilanda baby blues.

Ibu: Pelajaran pertama saat ini adalah praktek teknik perlekatan (latch on) dan posisi menyusui yang benar. Ini semua mestinya sudah Anda pelajari sejak masa kehamilan di kelas antenatal. Anda mungkin akan mengalami puting lecet, puting datar, ASI yang keluar hanya sedikit sehingga bayi Anda kelaparan, serta  masalah menyusui lainnya. Namun, berbekal kesabaran, kasih sayang, tekad, dan pengetahuan yang sudah dipelajari, secara alami Anda akan mampu menyusui bayi Anda dengan baik

Bayi:
  • Berat badannya akan turun 10% dari berat badan saat lahir karena tubuh bayi sedang menyesuaikan dengan kehidupan baru di luar rahim. Tapi di akhir minggu pertama beratnya akan naik secara bertahap, antara 20-30 gram/hari.
  • Bayi Anda akan  sering  lapar  dan Anda harus siap untuk memberikan ASI setiap kali dia terbangun karena lapar,  meski saat tengah malam maupun dini hari. Sebab, ASI Anda adalah  bahan baku proses metabolisma dan tumbuh-kembang yang tengah berlangsung dengan pesat
  • Sistem pencernaannya sedang beradaptasi dengan ASI. Bayi akan mengeluarkan “pup” pertamanya (mekonium) yang pekat, lengket, dan berwarna hitam kehijauan. Ini tanda sistem pencernaannya mulai bekerja dan berfungsi secara normal. Dalam beberapa hari kemudian, “pup” si kecil akan berwarna coklat kehijauan dan lebih cair. Penampilan dan warna “pup” bayi merupakan refleksi keberhasilan Anda memberi ASI, juga pilihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jadwal “pup” bisa bervariasi dari satu kali sehari, beberapa kali dalam seminggu, sampai setiap kali ganti popok.
  • Tali pusatnya yang sedang dalam proses mengering akan mengerut dan memendek. Jagalah kebersihan daerah di sekitar tali pusat agar tidak terinfeksi. Setelah kering seluruhnya, tali pusat akan menghitam dan terlepas dengan sendirinya dalam beberapa hari.
  • Hampir 50% bayi berumur 3 hari akan tampak kuning. Ini karena umur darah merah bayi lebih pendek dari orang dewasa. Juga, fungsi hatinya belum sempurna, ditambah bayi usia beberapa hari umumnya belum mampu minum ASI cukup banyak. Bila hal ini terjadi pada bayi, apalagi bila dia juga enggan mengisap ASI dan terlihat lemas, segeralah bawa ke dokter anak. (me)
Baca juga:
Ibu dan Bayi di 6 Minggu Pertama


 



Artikel Rekomendasi