Kebutuhan Bayi Baru

 

 
123rf

Begitu lahir, memang sudah bisa belajar, tapi perlu diingat, bayi baru lahir pun butuh waktu untuk didirinya sendiri. Bayi butuh istirahat, bebas dari rangsangan
yang katanya bisa membuatnya cepat pintar. Itu sebabnya, Anda perlu tahu apa yang dibutuhkan bayi baru lahir.


*Usia 0-1 bulan

Apa yang dipelajarinya? Hal penting yang dipelajarinya pada sebulan pertama kehidupan adalah kepercayaan pada orang yang mengasuhnya.
Apa yang dapat Anda lakukan? Beri perhatian penuh pada sang buah hati dengan kata-kata yang lembut, sentuhan penuh cinta, serta segera respons jika dia menangis.
Apa yang perlu diingat? Sedapat mungkin hindari stimulasi lingkungan yang terlalu banyak, seperti lampu terlalu terang, suara yang terlalu ramai, dan sebagainya.


*Usia 1-3 bulan

Apa yang dipelajarinya? Dia mulai sadar akan keberadaan orang dan benda-benda di sekitarnya. Dia juga mulai mengidentifikasi berbagai suara, serta dari mana asalnya. Hal ini akan ditunjukkan dengan mengarahkan pandangannya ke sumber suara.
Apa yang dapat dilakukan? Letakkan mainan di seputar atau di atas boksnya. Balita akan sangat menikmati gerakan benda-benda tersebut.
Apa yang perlu dingat? Anda tak perlu beli mainan dengan suara yang riuh rendah, atau dilengkapi dengan berbagai lampu warna-warni, karena kemampuan bayi untuk menikmatinya masih terbatas. Sekedar sapu tangan yang digerak-gerakkan di depannya saja, sudah bisa membuatnya gembira.

Satu hal yang penting diingat, bayi juga butuh waktu untuk didirinya sendiri. Di sinilah dibutuhkan kepekaan Anda. 

Hentikan segera kegiatan Anda berdua, jika tawanya mulai kurang beresemangat. Mungkin, ia bosan atau lelah, dan perlu istirahat.

Sesekali, letakkan bayi dalam boksnya untuk beberapa saat. Setelah itu, Anda dapat mengajaknya bermain kembali.
Istirahat atau bersantai juga dapat dilakukan dengan berbaring berdua. Baringkan ia di sisi Anda. Memandang langit-langit kamar berdua dalam suasana diam, merupakan saat santai yang cukup berharga bagi Anda dan bayi.

Jadi kesederhanaan dan sentuhan cinta yang tulus akan sangat berarti bagi buah hati Anda, daripada ‘hebohnya’ aneka mainan yang belum tentu dibutuhkannya pada saat ini. Selama bersantai bersama sang buang hati.

(me)

Baca juga:
Berkenalan dengan Bayi Baru
Pelajaran Pertama Bayi Baru Lahir
Bayi Pun Memahami Lingkungan Sekitarnya





 

 



Artikel Rekomendasi