Bahayakah Bayi Muntah Keluar dari Hidung?

Tanya: Berbahayakah bila ada muntah yang keluar dari hidung? Bayi saya suka muntah dalam jumlah banyak.  

Jawab: Muntah atau gumoh (regurgitasi) pada bayi bisa merupakan suatu kelainan, tapi bisa juga tidak. Kelainan yang paling sering menyebabkan muntah pada bayi adalah refluks gastroesofagus (RGE), yaitu kembalinya isi lambung ke kerongkongan dan keluar lewat mulut menjadi gumoh atau muntah. Kandungan lambung tersebut dapat berupa air liur, minuman atau makanan yang tertelan, sekresi (pengeluaran) pankreas dan cairan empedu.

Kadang-kadang muntah atau gumoh tersebut keluar lewat hidung, dan ini bukan merupakan kejadian yang membahayakan. Yang penting, saat terjadi muntah atau gumoh yang banyak, letakkan bayi dalam posisi tidur miring atau posisi duduk agar dia tidak tersedak sehingga muntahan masuk ke dalam saluran napas.

Sebenarnya, RGE masih merupakan hal yang normal, asalkan bayi tidak menolak makan atau  minum dan berat badannya tetap naik. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi muntahnya antara lain dengan posisi bayi saat menyusu. Sebaiknya bayi menyusu pada posisi setengah duduk (jangan sambil tiduran) dan disendawakan sesudahnya.   

dr. Muzal Kadim, SpA




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   8995   
>  Memahami Perspektif Bayi   2699   
>  Perubahan Dunia Ayah   1874