Frekuensi Bayi Minum ASI di Malam Hari

 

Tanya: Berapa waktu terlama bayi usia 5 bulan bisa bertahan tidak minum ASI selama ia tidur di malam hari? Apakah saya harus membangunkan bayi saya ketika sedang tidur untuk menyusu? Apakah normal jika bayi yang minum ASI tidak mengompol waktu malam?

Jawab: Pada awalnya bayi sebaiknya disusui setiap 2-3jam (8-10x/hari). Pada fase awal ini, bayi mampu menyusu selama 10-20 menit. Tidak ada penjadualan minum susu pada bayi, turutilah kapan pun bayi minta minum. Lambung bayi baru lahir ukurannya sangat kecil, oleh sebab itu mereka minum ASI sedikit-sedikit dan sering. Hal ini juga disebabkan karena ASI sangat mudah dicerna dan diserap. Dengan kecukupan ASI diharapkan tercapai kenaikan berat badan 100-170mg/minggu.

Frekuensi buang air kecil (bak) berkaitan erat dengan asupan cairan yang masuk. Dalam sehari normalnya frekuensi bak bayi 4-6x/hari. Selama tidak ada tanda-tanda dehidrasi dan bayi bisa minum cukup tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun waspada jika frekuensi bak bayi menjadi jarang dan bayi tampak lemah/rewel.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi