Penyebab jantung bayi bocor

 

Tanya: Apa penyebab jantung bayi saya (5 bulan) bocor? Tidak ada turunan penyakit ini pada saya atau suami, dan saat hamil pun saya tidak pernah sakit atau mengonsumsi obat-obatan selain dari dokter kandungan.  
 
Jawab: Kelainan jantung anak Ibu adalah bawaan, artinya sudah ada sejak lahir atau sejak akhir 3 bulan pertama kehamilan. Jenis kelainannya adalah terdapat lubang antara bilik jantung. Kenapa baru ketahuan umur 2 bulan?

Hal ini karena sebelum usia 2 bulan, tahanan atau tekanan di paru masih tinggi sehingga tekanan di bilik kanan juga tinggi. Kondisi ini menyebabkan tidak ada perbedaan tekanan yang bermakna antara bilik kiri dan bilik kanan. Akibatnya, walaupun ada lubang, aliran darah yang melewati lubang tersebut masih sedikit sehingga tidak menimbulkan bising jantung, sehingga tidak terdengar pada saat diperiksa dokter. Tahanan paru ini akan turun terus setelah lahir dan mencapai level paling rendah di usia 2 bulan. Oleh karena itu, pada usia 2 bulan baru terjadi perbedaan yang bermakna antara bilik kiri dan bilik kanan sehingga terdengar bising jantung.

Penyebab kelainan jantung bawaan sebagian besar (90%) tidak diketahui. Faktor lingkungan seperti: ibu merokok, minum obat di luar resep dokter, infeksi waktu hamil dikatakan memegang peranan 3%. Sisanya 7% karena turunan. Karena penyebabnya sebagian besar belum diketahui dan faktor turunan hanya 7%, kemungkinan untuk melahirkan anak dengan kelainan jantung bawaan relatif kecil.

Dr. dr. Mulyadi M. Djer, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more