Ganti Popok Tanpa Perang

 

Orangtua perlu cara ‘cantik’ untuk membuat aktivitas bersama bayi menjadi lebih menyenangkan. Termasuk saat mengganti popok. Lakukan lewat berbagai permainan seru! Ganti popok pun tanpa perang. 
  • Main Petak umpet. Katakan padanya “Di mana, ya, kakinya?” sambil Anda pura-pura mencari kaki si bayi dibalik popok. Saat ia menunjukkan kakinya, Anda bisa tangkap “Hap, bunda temukan kakimu!” Atau tanyakan “Mana pantatnya, ya? Bunda tidak lihat.” lalu Anda bisa sentuh pantatnya dan katakana “Oh, ini dia pantatnya. Ayo masukkan ke dalam popok!” Ini akan membuatnya tertawa senang. Ia tidak akan merasa bahwa ia sedang Anda ‘kerjai’ agar mau ganti popok.  
  • Pasang foto atau gambar. Rekatkan foto atau poster di langit-langit tempat biasa menggantikan popoknya. Misalnya foto Anda bersamanya atau gambar binatang. Pilih gambar berupa foto karena mata bayi lebih mudah mengenalinya. Karena Anda akan gunakan foto atau poster ini untuk membuat bayi berkomunikasi dengan gambar itu.  “Itu bebeknya sedang berenang, nak. Bunyinya wek…wek…”  Bayi tertarik dengan gambar dan cerita Anda, sehingga bisa mengganti popoknya dengan mudah.
  • Bekali mainan. Satu keranjang berisi kosmetik harus ada di samping Anda sebelum ritual ganti popok dimulai. Kosmetik bayi ini bisa dimanfaatkan untuk ‘obat penenang’ anak saat sedang ganti popok. Ambil dan berikan pada anak untuk dijadikan mainan. Pastikan penutupnya tertutup rapat agar isinya tidak pindah ke mulut bayi.
  • Libatkan ‘pemain’ pengganti. Agar tidak bosan,  coba ajak boneka Teddy Bear atau boneka kesayangan lainnya untuk menemani Anda mengganti popok. Buat cerita bahwa kali ini bukan Anda yang ingin mengganti popoknya, melainkan boneka Teddy Bear. Letakkan boneka di sisi Anda dan terlihat oleh anak, agar ia percaya bahwa boneka Teddy yang mengganti popok.
  • Jari menari. Ayo ikuti caranya: gunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda seolah-olah menjadi dua buah kaki yang memanjat tubuh si kecil. Anggap kaki bayi sebagai batang pohon. Nah, kini saatnya jemari Anda berperan untuk menaiki ‘batang pohon’ buatan. Jangan lupa ikuti dengan nyanyian “Naik-naik ke atas pohon, tinggi-tinggi sekali.” atau membuat cerita seperti “Panjat..panjat..Teddy Bear memanjat pohon dari ranting ke dahan. Ah, ranting putus, Teddy jatuh.” Saat jatuh, berikan tubuhnya gerakan yang menggelitik untuk memancing tawanya. Anda bisa selingi permainan jari jemari ini dengan kegitan mengganti popok.   
  • Alihkan perhatiannya. Ikuti ke mana pandangan bayi saat mengganti popok. Ketika ia melihat ke arah atas, Anda bisa bercerita tentang cicak-cicak di dinding. Bila ia sudah puas dengan cerita cicak, arahkan pada pemandangan lain. Misalnya bunga di luar jendela kamar atau benda yang bergerak. Atau siapkan mainan yang bisa berputar di atasnya. 
  • Tatap mata bayi. Saat ganti popok, tatap mata bayi. Jalin kontak mata dan ajak dia bicara. Katakan bahwa dia sekarang sedang ganti popok. Jelaskan mengapa dia harus pakai popok, sambil tangan bergerak cepat memakaikan popok. Bila penjelasan selesai sebelum popok terpasang, buat cerita sambil terus tatap mata bayi.  Kontak mata akan membuatnya kehilangan perhatian terhadap hal-hal lain. (me)
Baca juga:
Mengganti Popok Bayi
Hadapi Ruam Popok Bayi
Popok Nyaman untuk Bayi
Cegah Ruam Popok
Praktisnya Popok Sekali Pakai


 



Artikel Rekomendasi