Memandikan Bayi Baru

 

Bayi baru lahir jangan langsung dimandikan. Bayi yang baru saja dilahirkan sebaiknya tidak langsung dimandikan. Beri selang saktu dua hingga tiga jam sampai kondisi bayi stabil. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermi yaitu turnnya suhu tubuh bayi.  Turunya suhu tubuh bayi beberapa saat setelah lahir, bisa menganggu kerja organ tubuh dan tentu saja mengundang berbagai masalah kesehatan.

Berapa kali sehari bayi harus mandi? Tidak ada patokan pasti. Ada yang sekali sehari, ada yang dua kali sehari. Indonesia negara tropis dengan kondisi udara panas dan lembab. Jadi, memandikan bayi baru lahir sebanyak dua kali sehari, membuatnya lebih nyaman. Apalagi bayi usia 6 bulan ke atas yang aktif bergerak. Tubunya pasti banyak mengeluarkan keringat.

Waktu mandi yang tepat. Biasanya, orang tua memandikan bayinya sebelum minum susu atau makan. Hal ini agar bayi dapat menikmati mandinya tanpa kemungkinan muntah. Namun, jika Anda ingin memandikannya setelah makan, tunggu dahulu sepuluh menit. Demikian pula jika Anda ingin memandikannya seelah minum susu, tunggu sampai bayi bersendawa.

Memandikan bayi baru lahir (usia 0-3 bulan). Untuk bayi yang tali pusatnya belum lepas, perlu  perhatikan esktra. Karena, tali pusat yang selalu basah berisiko terkena infeksi. Bersihkan tubuh bayi yang tali pusatnya belum lepas dengan menyeka tubuhnya menggunakan air hangat bersuhu sekitar 29°C. (me)

Baca juga:
Tip Memandikan Bayi
Bayi Mandi Seka
Bayi Mandi Matahari

 



Artikel Rekomendasi