Porsi Makan MPASI

 

Inilah porsi makan yang tepat  untuk bayi yang sudah makan selain ASI atau makanan pendamping ASI (MPASI). Menggunakan standar piring makan orang dewasa, Ayahbunda akan memberikan petunjuk berapa banyak makanan yang dibutuhkan bayi Anda dalam setiap makannya.

6-8 bulan. Porsi untuk si belajar makan cukup 3 sendok makan serealia atau tepung-tepungan sekali makan. Selain itu beri ia  porsi 1 sendok teh pure buah,  yang jumlahnya meningkat secara bertahap menjadi 1 sendok makan sampai 2 sendok makan untuk satu kali makan. 1 sendok teh pure sayuran, seperti zuchini, labu siam atau buncis. Tingkatkan pemberian sejalan dengan bertambahnya usia bayi,  menjadi 1 sendok makan sampai 2 sendok makan setiap makan. Jangan lupa untuk menerapkan 4 day wait rule,  saat mengenalkan makanan baru pada bayi untuk mengetahui reaksi alergi.

8-12 bulan. Besarnya porsi yang diberikan yaitu,  2-3 sendok makan buah, 2-3 sendok makan sayur, 4-6 sendok makan serealia, 2-4 sendok makan sumber protein seperti ayam, tahu, tempe, daging sapi, ikan patin,  kacang merah yang sudah dilumatkan, dan  1 sendok makan keju parut. Di usia ini, bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi maka berikan sedikit tekstur pada makanan di awal usia 8 bulan. Di usia 10 atau 11 bulan Anda bisa mencoba memberinya  nasi tim 4-8 sendok makan satu kali makan.

12-24 bulan. Ajak si satu tahun untuk belajar makan bersama keluarga. Ia sudah bisa makan table food dengan porsi 6-8 sendok makan serealia atau beras, 1 biji buah seperti apel, pir, jeruk atau 1 potong buah seperti melon, pepaya, dan semangka. Buah utuh lebih baik diberikan untuk anak daripada jus buah. ½ sampai ¾ gelas sayur yang disajikan dalam potongan kecil dan dimasak hingga empuk untuk mencegah tersedak. Beri juga 1 potong sedang sumber protein seperti daging sapi dan 3-4 sendok makan keju parut atau 2 buah keju slice. (me)

Baca juga:
Tepat Memberikan MPASI
Makanan Pendamping ASI yang Disarankan
Jadwal MPASI dan ASI Pasca Bayi 6 Bulan

 



Artikel Rekomendasi