Testis Bayi Bermasalah

 

Tiga dari 100 bayi laki-laki lahir dengan buah zakar yang tidak turun ke kantungnya. Tidak ada tanda khas yang mudah terlihat untuk mendeteksi kelainan ini. Biasanya setelah dilakukan perabaan dengan teknik yang benar akan diketahui lokasi dan keberasaan testis.

Dengan perabaan, akan terasa apakah hanya satu kantung yang berisi atau memang dua-duanya kosong. Skrotum atau kantung buah zakar akan terlihat lebih lembik dan kosong. Jika tidak teraba, kemungkinan testis masih ada di dalam perut, atau berada di lipatan paha bayi dan belum turun ke kantungnya.

Teknik berikut adalah dengan memeriksa apakah kelainan alat kelamin, sheingga dapat dipehatikan panjang penis, bentuk kantung buah zakar, letak lubang kencing serta adakah lubang yang lain selain lubang kencing dan anus. Bila buah zakar tidak ditemukan, periksakan bayi ke dokter spesialis anak subspesialis hormon (endokrinologi). Pemeriksaan yang dilakukan dokter yaitu:
  • Jika diraba buah zakar tidak ada, dokter akan minta tes hormon, lewat pengambilan darah anak. Pemeriksaan ini untuk mengetahui fungsi testis atau ada/tidaknya kelainan hormonal. Kadang-kadang diperlukan pula pemeriksaan kromosom, bila ditemukan kelainan alat kelamin lainnya (jenis kelamin bayi meragukan). Tapi ini sangat jarang terjadi.
  • Jika diduga buah zakar dalam perut, biasanya dokter menyarankan pemeriksaan ulatrasonografi (USG). Kadang-kadnag, diperlukan pula operasi kecil (laparoskopi) yaitu melubangi, dengan jarum besar, di bagian bawah pusar. Ketika jarum masuk, dokter akan memasukkan alat untuk “mengintip” dan kadnag-kadang sekaligus memindahkan buah zakar ke kantungnya.
Cara lain adalah dengan pemberian suntikan hormonal. Terapi hormonal ini dapat diberikan jika anak berusia kurang dari 9 bulan. Penanganan pada waktu yang tepat diperlukan untuk menjaga fungsi kesuburan (fertilitas) dan menghindari kanker testis. (me)

Baca juga:
4 Langkah Membersihkan Kelamin Bayi Laki-Laki
Menangani Kelainan Hidrokel Testis
Fimosis Mengincar Bayi Laki-Laki

 



Artikel Rekomendasi