Tidur Bersama Bayi

 

Para orang tua meyakini bahwa mengajarkan kemandirian dimulai dengan membiasakan bayi tidur sendiri di kamarnya. Namun, sebagian orang tua merasa bayi masih perlu tidur ditemani, agar lebih mudah memenuhi kebutuhan bayi setiap saat. Tidur terpisah atau bersama, yang penting bayi aman dan kebutuhannya di malam hari terpenuhi.

Penting!

  • Gunakan tempat tidur ukuran besar. Kalau perlu perluas tempat tidur Anda dengan menambahkan tempat tidur bayi merapat ke tempat tidur Anda.  
  • Coba berbagai pengaturan tidur yang nyaman untuk semua orang. Bayi berada di tengah ibu dan ayah atau diantara ibu dan dinding.  
  • Jangan tidur bersama dengan lebih dari satu anak karena tidak aman. Saat tidur balita cenderung lebih lasak sehingga bisa membahayakan bayi. Jika masih ingin tidur bersama, sang balita ditempatkan di tempat tidur lain di samping tempat tidur Anda dan bayi tidur satu kasur bersama ibu dan ayahnya.
  • Bila ingin privasi, tidur bersama hanya di sebagian malam. Tidurkan bayi di tempat tidurnya dan ketika dia terbangun baru dipindahkan untuk tidur bersama atau ibu pindah tidur bersama bayi tanpa ayah. Dengan begini Anda punya waktu privasi tanpa khawatir mengganggu bayi.(me)
Baca juga:
Bayi Tidur, Sendiri atau Ditemani?
Pola Tidur Bayi
Sesuaikan Posisi Tidur dengan Kondisi Bayi
Atasi bayi sulit tidur

 



Artikel Rekomendasi