Tips Bayi Mandi Seka

Tips Bayi Mandi Seka Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Memandikan sang bayi saat bepergian tidak perlu dianggap susah. Ia tetap perlu mandi agar tetap bersih, segar, nyaman dan tak rewel.

SIAPKAN DARI RUMAH:
  • Dua wadah atau ember ukuran kecil sampai sedang –ukuran gayung sudah cukup karena bayi tidak mandi berendam.
  • Perlak yang dapat dibersihkan bila kena air.
  • Sabun atau body wash 2-in-1.
  • Waslap minimal 2.
  • Handuk bayi.
  • Kantong plastik untuk membungkus baju kotor dan handuk habis pakai.  
LAKUKAN INI:
  1. Isi ember pertama dengan air sabun, dan ember kedua dengan air bersih. Isi air dalam wadah sekitar 10 cm tinggi. Pastikan air yang digunakan bersuhu sekitar 38ºC yang cukup hangat.   
  2. Letakkan handuk di atas perlak yang sudah dibentangkan di kursi belakang mobil. Siapkan perlengkapan mandi dan pakaian bersih.
  3. Setelah semua perlengkapan mandi selesai disiapkan, buka baju bayi. Letakkan bayi di atas handuk. Celupkan waslap ke ember berisi air sabun –sedikit saja, waslap tak perlu sampai basah seluruhnya.  
  4. Dengan waslap tersebut, seka tubuh bayi secara perlahan, mulai dari wajah, rambut (bila ada kotoran di sudut mata atau lubang hidung, seka beberapa kali untuk melembutkannya sebelum dibasuh), kemudian dilanjutkan ke bagian tubuh, terus ke bagian genital baru terakhir bagian kaki.
  5. Gunakan waslap yang kedua, celupkan ke ember berisi air bersih. Bilas tubuh bayi dengan menyeka tubuhnya seperti langkah di atas. Pastikan tak ada  sisa sabun yang menempel di tubuhnya. Selama proses menyeka dan membilas, ajaklah bayi berbicara, bercanda atau bernyanyi, yang membuat bayi merasa tenang dan nyaman.
  6. Keringkan tubuh bayi dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Keringkan bagian kepala dulu, diikuti seluruh tubuh termasuk tangan dan kaki. Pastikan juga keringkan lipatan-lipatan tubuh bayi.  
  7. Kenakan popok dan pakaiannya. Bila Anda suka, oleskan minyak telon di bagian perut dan punggung bayi sambil memijat, agar bayi merasa nyaman. Bila udara agak dingin, bayi boleh dibedong agar ia merasa hangat.
Perhatikan cuaca. Bila udara sedang dingin, tunda dulu mandi seka untuk bayi Anda. Seka memakai tisu basah non alkohol di wajah, tangan dan kakinya. Yang penting, ganti bajunya agar bayi merasa nyaman.
 
Bila bepergian dengan:
  • PESAWAT gunakan baby taffel di toilet pesawat, namun tetap bawa perlak dan handuk untuk melapisi baby taffel. Air hangat tersedia di washtaffel pesawat.  
  • KERETA API toilet di kereta api (terutama di Indonesia) belum memadai untuk bayi. Mandikan bayi di tempat duduk.  





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)