Tips Mengencerkan Pure

 

Jika pure yang Bunda buat kurang sesuai dengan tahap ketrampilan makan bayi, yakni terlalu kental , Bunda bisa kok mengencerkannya. Pure kental bisa Bunda encerkan dengan menambahkan:
  • Air susu ibu (ASI). Selain mengencerkan, penambahan ASI juga akan memperkaya nutrisi pure. Apalagi, cita rasanya sudah sangat dikenali bayi sehingga dia lebih mudah menerimanya. Anda boleh menggunakan ASI perah yang pernah dibekukan. Tapi, jangan lakukan pada pure yang akan Anda bekukan. Karena, ASI perah yang sudah beku lalu dilelehkan, tidak boleh dibekukan kembali.
  • Susu formula. Bila tidak ada ASI, susu formula juga bisa untuk mengencerkan pure. Caranya, bekukan pure tersendiri, tanpa susu formula. Tambahkan susu formula setelah pure beku dilelehkan, sesaat sebelum diberikan kepada bayi.
  • Kaldu atau air rebusan. Keduanya bisa jadi alternatif mengencerkan pure. Buatlah sekaligus dalam jumlah banyak, bagi dalam takaran untuk sekali pakai, lalu bekukan agar dapat digunakan kapan saja. Zat-zat nutrisi yang hilang dan larut dalam air sisa merebus atau mengukus bahan makanan akan ‘kembali,’ walaupun tidak seluruhnya, bila Anda menggunakannya untuk mengencerkan pure.
Baca juga:
Membekukan Pure
Bahan makanan untuk mpasi
13 Fakta Pure

 



Artikel Rekomendasi