Bermain di Playmat

 

Alas bermain tak sekedar matras agar bayi tak kotor data bermain di lantai, tapi juga memberi stimulasi dengan fasilitas di alas bermain tersebut.

Alas bermain tampil dengan aneka warna dan bentuk. Ada alas bermain yang menawarkan warna-warna menarik, bunyi, mainan, buku yang melakat pada matras hingga yang multi fungsi. Anda bisa memilih dari beragam matras lucu yang ditawarkan di pasaran, yang tepat bagi si buah hati. Yang utama, sesuaikan alas bermain dengan usia balita. Bila bayi belum bisa berguling-guling dan duduk, cukup gunakan alas bermain yang tidak terlalu lebar. Bila ia banyak bergerak, alas yang lebar dengan beragam mainan tiga dimensi cocok untuknya.

Warna dan bentuk. Anak butuh stimulasi warna, karenanya jangan heran jika ia tertarik dengan wanrna-warna kontras yang cerah. Alas bermain ang penuh warna ibarat dunia sekitar yang menggodanya untuk dieksplorasi. Ia pasti senang meneliti warna-warna berbeda tersebut dan berusaha meraihnya. Maklum saja, balita belum tahu kalau alas bermainnya hanya dua dimensi. Yang jeals, ia bisa belajar warna-warna dasar sambil memperkuat otot matanya.

Belajar bentuk. Tak Cuma warna, anak juga belajar soal bentuk. Pilih matras yang emmiliki motif benda-benda yang mudah dikenali anak, seperti bola, kotak atau boneka. Ada juga jenis alas bermain terabru yang menyediakan mainan tiha dimensi. Jadi, tangan si kecil bias meraih boneka, cermin atau mainan yang menempel di alas. Dengan begitu, tak hanya mata dan motorik halusnya yang terasah, demikian pula ketrampilan kognitif dan sensor motoriknya. Yang lebih penting, anak sangat menyukainya!

Pilih alas main yang:
  • Menyediakan fasilitas sesuai perkembanagn bayi. Misalnya memiliki beragam tekstur atau berbagai mainan sesuai usia.
  • Ukurannya berdasarkan perkembangan gerak anak.
  • Warnanya beragam.
  • Cukup tebal agar tak membahayakan bayi jika di bawah alas bermain itu lantai.
  • Benda-bena atau mainan yang melekat di alas bermain tak mudah lepas atau dapat melukai anak dan tidak membatasi gerakannya di atas matras.(me)




 



Artikel Rekomendasi