Balita Sindroma Down

 

Tak perlu diratapi. Cintai dan berbesarhatilah saat menghadapi anak down sindrome agar mampu memaksimalkan kemampuan balita. Sindroma down lebih dikenal orang dengan sebutan mongoloid. Penderita down syndrome mempunyai ekstra kromosom yang akan mempengaruhi perkembangan mereka selanjutnya. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan jelas.

Biasanya anak sindroma down mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan. Tapi seperti anak pada umumnya mereka bisa mengikuti setiap kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh anak seusianya.

Bukalah lingkungan balita dan sering-seringlah ajak balita untuk berkomunikasi. Orang tua juga bisa memaksimalkan kemampuan si kecil dengan stimulasi yang baik dan terus menerus.

Yang terpenting, sebagaimana anak pada umumnya, anak penderita sindroma down tetap memerlukan lingkungan yang penuh kasih sayang dan positif untuk mereka. Kalau perlu konsultasikan kepada ahlinya, bagaimana caranya agar lingkungan rumah dan orang tua bisa memaksimalkan perhatian buat balita.
 

 



Artikel Rekomendasi