Pusar Bayi Bodong

Pusar Bayi Bodong  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Tonjolannya bisa mencapai diameter 5 cm. Istilah medisnya hernia umbilicalis. Kata “bodong: dalam bahasa Jawa berarti “tersembul atau menonjol.”

Penyebab bodong. Di dalam rahim ibu, janin mendapat nutrisi dan oksigen dari ibu melalui pembuluh darah yang disebut vena dan arteri umbilicalis (tali pusat). Pembuluh darah itu masuk melalui pusar-bulatan kecil di perut bayi. Setelah lahir, kedua pembuluh darah itu digunting dokter dan menyisakan tangkainya. Dalam 1-2 minggu tangkai tersebut mengering dan lepas (puput) sehingga yang tersisa hanya pusar. Bayi yang baru puput, tampilan pusarnya memang menonjol, namun pada beberapa bayi tonjolan itu lebih besar akibat penutupan cincin pusar di bagian dalam pusar tidak sempurna. Ini bisa terjadi saat pembentukan organ tubuh bayi pada trimester pertama kehamilan. Beberapa kondisi penelitian menunjukkan kondisi ini juga dipengaruhi faktor genetik. Misalnya, ras Afrika banyak mengalami pusar bodong. Namun kondisi ini tidak berbahaya.

Bisa normal kembali. Hernia umbilicalis sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebelum usia 3 tahun.

Ciri-ciri pusar bodong. Pusar menonjol dengan diameter 1 sampai 5 cm, semakin kentara saat bayi menangis mengejan. Mengecil saat bayi tenang.

Jenis Terapi Untuk Pusar Bayi Bodong.
  • Pakai gurita? Tidak efektif. Malah dilarang sebab menggangu pernapasan dan menyebabkan bayi sering muntah akibat tekanan pada lambung.
  • Pakai koin atau ditekan-tekan saat bayi mandi? Penekanan dengan koin (jaman dulu pakai uang kopeng) yang dipasang di pusar bayi atau penekanan berulang saat mandi, juga tidak membuat penonjolan pusar berkurang. Jika ada kasus pusar bodong membaik setelah ditekan, pda dasarnya karena menutup spontan sehingga tidak terlihat lagi, pada waktunya.
  • Operasi. Jika secara estetika menggangu, pusar bodong yang menetap hingga usia 4 tahun dapat dihilangkan lewat operasi setelah anak besar.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37725   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24047   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20413   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17327   
>  Balita Hobi Tampil   10965   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak