Jika Ibu Hamil Terjatuh

Jika Ibu Hamil Terjatuh Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Pergeseran titik berat tubuh akibat ukuran perut yang membesar akan mempengaruhi keseimbangan tubuh ibu hamil. Tak heran bila Anda cenderung mudah terjatuh. Itulah sebabnya, Anda perlu lebih berhati-hati saat berada di tempat yang permukaannya tidak rata

Sebaiknya dilakukan. Segera ke dokter, apalagi bila Anda mengalami pusing hebat akibat benturan pada kepala saat terjatuh. Beritahukan dokter posisi Anda saat terjatuh, yaitu bila:
 
  • Jatuh telentang. Tidak menyebabkan janin berbenturan langsung dengan permukaan tanah. Namun, stress, kaget atau syok yang anda alami dapat memicu produksi hormon yang merangsang terjadinya kontraksi.
  • Jatuh tengkurap. Ini lebih berbahaya, sebab yang pertama kali terbentur adalah janin Anda. Anda mungkin mengalami kontraksi dan nyeri yang hebat, pendarahan hebat, dan perut terasa kencang. Risiko yang paling aprah adalah kasus plasenta terlepas (solutio placenta). Bila lewat ultrasonografi terlihat banyak bagian plasenta yang lepas, dokter biasanya akan mengakhiri kehamilan.
  • Jatuh terduduk. Posisi ini bisa menyebabkan poros tulang belakang Anda mengalami benturan kras sehingga timbul rasa nyeri yang hebat. Bila Anda jatuh terduduk pada usia kehamilan lanjut, dapat berisiko kantung ketuban robek, sehingga memicu kelahiran lebih awal
Pencegahan.
  • Selalu berpegangan saat berjalan-jalan, apalagi bila perut semakin besar
  • Tidak mengambil risiko menaiki tempat-tempat tinggi, curam dan terjal. Semisal saat berjalan-jalan ke puncak candi Borobudur, atau turun ke sungai yang terjal dan berbatu.
     
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   38028   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24192   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20486   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17520   
>  Balita Hobi Tampil   11031   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak