Solusi Diet Ibu Alergi Makanan

 

Reaksi alergi seperti sesak nafas, mual muntah, atau gatal di kulit bisa timbul setelah ibu hamil mengonsumsi makanan pencetus alergi. Padahal, saat hamil ibu perlu asupan makanan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang janin dan menjaga ibu tetap sehat. Inilah solusi untuk atasi alergi makanan:

  • Alergi susu, minum susu sapi yang telah diproses (susu sintesis asam amino 100%), atau susu kacang kedelai. Ganti nutrisi susu dari ikan, daging, telur, tempe, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan minumlah air jeruk yang difortifikasi sebagai sumber kalsium.
  • Alergi telur, jika hanya alergi putihnya, makan bagian kuning telurnya saja. Jika alergi telur mentah, masak hingga telur matang. Pilih makanan "egg free" dan hindari makanan berlabel "contain egg ingredients", "made using egg ingredients", "made in facility that also processes egg", atau ovoglobulin" karena mengandung protein telur. Ganti protein telur dengan susu, daging, ikan dan kacang-kacangan.
  • Alergi seafood hindari ikan laut dan makanan yang mengandung ikan laut (siomay, kerupuk ikan, ceasar salad dressing, saus worchestershire, caviar, gelatin, nam pla atau saus ikan thailand dan suplemen omega3. Makanlah ikan air tawar seperti mujaer, gurame, mas, nila, atau lele. Ganti nutrisi ikan dari daging, telur, dan susu.
  • Alergi kacang, jangan makan kacang dan olahannya seperti tahu, tempe, kecap, tauco, tepung campuran. Hindari makanan berlabel "may contain nuts", "produced on shared equipment with nuts or peanuts" karena mengandung atau terkontaminasi kacang. Ganti utrisi kacang dengan makan serealia, beras, gandum, atau jagung.       






      















 



Artikel Rekomendasi

post4

Pilih obat untuk ibu hamil

Zat dalam obat berpindah dari bunda ke janin melalui plasenta dan bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Bila bunda sakit dan perlu minum obat, konsultasi dengan dokter kandungan adalah jalan yang ter... read more

post4

Tepat Konsumsi Suplemen Saat Hamil

Mengonsumsi suplemen menjadi salah satu upaya agar ibu dan janin mendapat asupan nutrisi yang cukup. Bila Anda juga melakukannya, konsumsi suplemen dengan bijak. Asal tepat, suplemen membantu memenuhi... read more

post4

Kenaikan Berat Janin Vs. Bobot Ibu

Pertumbuhan janin sebaiknya lebih diperhatikan daripada kenaikan berat badan sang bunda. Ternyata pertambahan kenaikan bobot badan ibu tak selalu berbanding lurus dengan pertambahan bobot janin. ... read more