Tantangan Hamil di Usia 40-an

 

Hamil di usia 40-an? Banyak yang bilang kehamilan di usia ini berisiko tinggi, ada benarnya. Karena itu, calon bunda perlu mengetahui apa saja tantangan kehamilan di usia ini, agar Anda lebih bisa mempersiapkan diri.

Bagi Anda yang sedang hamil atau merencanakan akan hamil di usia 40-an, simak beberapa hal yang bisa menjadi hambatan atau keuntungan.

Kondisi fisik
  • - Kualitas kromosom tidak sebaik di usia muda. Maka risiko melahirkan anak dengan cacat fisik atau mental akan lebih besar.
  • - Elastisitas panggul makin berkurang yang menyebabkan kesulitan saat melahirkan.
- Rongga panggul dan otot-ototnya melemah sehingga tidak mudah lagi menghadapi komplikasi yang berat seperti perdarahan.
- Sebagian besar persalinan dilakukan dengan operasi caesar.
- Kualitas sel telur tidak bagus lagi, bisa menyebabkan cacat bawaan bayi.
- Rentang usia pengasuhan anak tidak panjang. Misalnya: ibu punya bayi di usia 43, saat anak remaja, usia ibu sudah masuk usia punya cucu.
- Kemungkinan melahirkan bayi dengan sindroma Down 1 : 100 pada perempuan yang pertama kali melahirkan di usia 40-45, dan 1: 40 bila Anda berusia 45 tahun ke atas saat pertama kali melahirkan.

Kondisi psikologis
- Merasa aman karena karir dan finansial sudah mapan.
- Emosi sudah jauh lebih stabil.
- Bersikap overprotective karena merasa inilah satu-satunya kesempatan  untuk punya anak.  
- Kesiapan ayah dan bunda untuk menjadi orang tua memengaruhi reaksi emosi selama kehamilan. Misalnya besarnya harapan akan kehamilan  menimbulkan kecemasan tentang kondisi bayi serta proses kelahiran.  
- Kelelahan akibat perubahan kondisi biologis dan hormonal pospartum serta kondisi fisik secara umum pada ibu usia 40-an, merupakan tekanan yang besar bagi ayah dan bunda.
- Berisiko mengasuh anak dengan secara overtreatment dan overprotective.
- Walaupun memiliki risiko yang cukup tinggi, kehamilan di usia 40-an ini juga bisa berhasil dengan baik, kok Bunda. Cukup banyak pula - Bunda yang melahirkan bayi yang sehat di usia ini, asalkan calon Bunda harus benar-benar memerhatikan kondisi fisik dan kesehatan - Anda dan rajin-rajinlah periksa ke dokter. (me)

Baca juga:
Kehamilan di usia 20-an
Hamil Sukses dan Prima di Usia 30-an
Kehamilan Beda Usia, Beda Kondisi

 



Artikel Rekomendasi