Gunakan Tanaman Obat Keluarga

 

Selalu minum obat-obatan medis di kala sakit tidak baik untuk kesehatan. Karena  meski diresepken dokter, obat-obatan tersebut terbuat dari bahan kimia. Manfaatkan juga obat-obatan alami dari tumbuh-tumbuhan yang juga dapat membangun daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.
 
Profesor Schilcher, ahli kesehatan dari Jerman, menyoroti pemberian antibiotik pada 80% kasus infeksi saluran pernapasan anak. Menurutnya, tidak hanya dinilai salah, tetapi pemberian antibiotik memang terlalu riskan. “Infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus, tidak akan sembuh dengan antibiotik. Malah, antibiotik dapat mengganggu sistem pertahanan tubuh dan dapat menyebabkan peningkatan resistensi dari bakteri,” ujarnya.

Berangkat dari hal itu, barangkali perlu digalakkan kembali kesadaran orangtua masa kini untuk memanfaatkan obat-obatan alami dari tumbuh-tumbuhan - di Indonesia disebut Toga atau tanaman obat keluarga. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit ringan - sehingga kita tidak perlu sebentar-sebentar ke dokter - toga juga bisa menunjang sistem pertahanan tubuh anak.

Apa kandungan obat dari tanaman? Masuk dalam kajian ilmu Phytoterapi, definisi obat-obatan alami adalah ramuan yang dibuat dari salah satu bagian tanaman, yang dikeringkan, lalu diolah menjadi teh, jamu atau serbuk, baik untuk diminum, dioles, atau dicampurkan ke air mandi. Profesor Theo Dingermann, pakar obat dari Goethe-Universitaet Frankfurt/Main, Jerman, menyebutkan, sebagai alternatif, obat-obatan alami dari tumbuh-tumbuhan dapat membantu mengatasi infeksi, bahkan terkadang menjadi satu-satunya terapi yang tepat untuk mengatasi infeksi.

Selain itu, menurutnya, yang tidak kalah penting adalah membangun daya tahan tubuh anak agar dia tidak mudah sakit. Selain dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti mandi bergantian dengan air hangat-dingin, mencuci tangan sebelum makan dan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, pemberian suplemen untuk daya tahan tubuh pada musim ketika anak rentan sakit, misalnya pada musim pancaroba, juga dianjurkan.

Baca:
Obat Manjur Dari Kebun
Kontroversi Obat Puyer untuk Bayi
Dampak Penggunaan Antibiotik Bagi Bayi
Akupuntur Untuk Mengobati Balita
Antibiotik Bukan Penyembuh Segala Penyakit
Tepat Memberi Antibiotik Kepada Balita
Obat Aman untuk Balita

Foto/Dok.Femina Group











 



Artikel Rekomendasi